Pesta Literasi Bersama Najwa Shihab


Pesta Literasi Najwa Shihab Bantaeng

Selamat malam para readers sekalian!!! Welcome back to my recent post, fthhh finally saya bisa ngepost tulisan lagi uyeeeee!!! kayaknya saya memang sudah sekitar satu bulanan vakum dari blog ini. Yah dikarenakan banyaknya schedule nikah di keluarga saya akhir-akhir ini ditambah lagi schedule mengurus si BAB 4 sama BAB 5 mengharuskan saya untuk tidak menjamah dunia blog dulu padahal tangan saya sudah gatal minta ampun ngorek-ngorek si keyboard. Hmmmm ok I will straight to the point right now. Malam minggu kemarin merupakan salah satu malam minggu yang paling berkesan menurut saya selama berada di Bantaeng. Setiap pulang ke kampung halaman rasanya memang tidak pas kalau tidak mengunjungi Pantai Seruni yang merupakan salah tempat wisata keren di kota Bantaeng tapi bedanya malam minggu kemarin selain bisa berkumpul bersama teman dan sanak saudara, para pengunjung juga dihibur dengan kedatangan Najwa Shihab salah satu presenter favorite saya. Sebenarnya kemarin merupakan kali kedua Najwa untuk datang di Bantaeng malahan katanya dia lebih sering ke kota Bantaeng dari pada kampung halamannya sendiri di Sidrap. Yah Bantaeng mungkin memiliki kesan tersendiri bagi Najwa Shihab dimana di setiap kedatangannya Bantaeng selalu memberikan pengalaman unik tersendiri. 

Tahun 2013 merupakan tahun pertama Najwa Shihab menginjakkan kaki di tanah Bantaeng. Sebenarnya saya juga kurang tahu tujuan kedatangan Najwa Shihab ke Bantaeng saat itu dalam rangka apa yang jelas saat itu beliau diundang oleh Prof. Nurdin Abdullah untuk menikmati kota Bantaeng. Beberapa berita saat itu juga mengabarkan bahwa beliau juga diajak oleh Bapak Bupati Bantaeng berkunjung ke kebun duriannya sambil menyantapnya langsung. Semalam beliau juga sempat menceritakan sedikit pengalamannya beberapa tahun lalu itu tentang legit dan nikmatnya durian yang beliau santap waktu itu. Yang durian lovers silahkan ngiler yang kontra silahkan geleng-geleng hihihihi. 

Acara yang bertajuk Pesta Literasi di Pantai Seruni semalam merupakan hasil kerja sama antara pemerintah Kabupaten Bantaeng dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bantaeng. Acara semalam diisi dengan tari dan musik tradisional dari siswa sekolah dasar, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan puisi yang dibawakan pula oleh seorang siswi sekolah dasar. Pada acara semalam juga dimeriahkan oleh hadirnya pendongeng cilik yang membuat saya dan semua penonton melongo gara- gara melihat skill mendongengnya yang super keren. Keahlian mendongengnya bikin saya jatuh cinta sama bocah itu. Sudah lucu, pandai bercerita lagi. This kid was really cute! Sampai-sampai Najwa Shihab saja minta foto dan membawa anak tersebut ke atas panggung kemudian memeluknya. Wah proud of you nak! Setelah dihibur oleh beberapa penampilan seru dari para siswa-siswi Bantaeng tibalah saatnya acara inti yang paling ditunggu. Acara talkshow bersama duta baca Indonesia dan Bupati Bantaeng pun dimulai. Berikut adalah beberapa kumpulan foto selama acara berlangsung yang saya ambil dari Syahrir Nawir Nur






Kalau biasanya dalam acara Mata Najwa, Najwa Shihab menjadi presenter kali ini Prof Nurdin Abdullah mengambil alih acara literasi yang berlangsung seru tadi malam. Pada awal acara Najwa Shihab juga sempat mengerjai Bupati Bantaeng tersebut. Berkali-kali Prof Nurdin harus mengulang-ulang kalimat pembuka acara yang diarahkan oleh Najwa Shihab. Penontonpun jadi riuh melihat tingkah Bupatinya tersebut. Sebagai Duta Baca, dalam acara semalam Najwa Shihab memberikan banyak sekali inspirasi sekaligus motivasi kepada para pengunjung Pantai Seruni. Saya sangat kagum dengan lingkungan keluarga beliau yang dikelilingi oleh buku-buku sejak kecil hingga dewasa. Najwa Shihab mengungkapkan bila sang Ayah yang biasa beliau panggil Abi yang tak lain adalah Bapak Quraish Shihab adalah orang yang mengajarkan beliau untuk mencintai buku sejak kecil. Sejak kecil beliau selalu menyaksikan ayahnya membaca berbagai jenis bacaan mulai dari buku hingga surat kabar. Najwa Shihab mengakui bila lingkungan yang seperti itulah yang telah membentuk dirinya untuk terus mencintai buku.

Dipenghujung acara, Najwa Shihab dan Bapak Bupati Bantaeng juga meluncurkan program terbaru dari kabupaten Bantaeng yaitu Smart Library Kabupaten Bantaeng. Dengan adanya smart library ini diharapkan mampu untuk membantu meningkatkan minat baca di Bantaeng. Sekitar ribuan buku telah tersedia dan bisa diakses langsung melalui ponsel pintar masyarakat saat ini. Hanya dengan mengunduh aplikasinya lewat handphone, kita sudah bisa menikmati ribuan buku yang telah tersedia. Setelah proses launching selesai maka tibalah dengan acara yang paling dinanti-nantikan oleh banyak orang. Semalam Bapak Bupati menyediakan beberapa jenis hadiah mulai dari aneka macam bingkisan hingga sepeda. Wahhh saya langsung ingat pak Jokowi yang hobby kasih kuis berhadiah sepeda. Beberapa guru hingga siswa-siswi berhasil memborong semua jenis hadiah semalam. Hmmm sebuah kebanggan tersendiri tentunya terpilih sebagai pemenang di acara yang dipandu langsung oleh Najwa Shihab dan Prof. Nurdin Abdullah semalam. 

Semoga acara-acara seperti ini bisa terus dikembangkan. Semoga dengan banyaknya pula kegiatan-kegiatan literasi yang dilakukan oleh berbagai pihak di Indonesia termasuk Sulawesi Selatan dapat mewujudkan Indonesia yang cinta Baca. Seperti yang diungkapkan oleh Najwa Shihab bila data dari UNESCO yang menyatakan anak Indonesia itu malas baca sebenarnya bisa dibantahkan. Sudah saatnya kita menebar virus literasi.

Salam literasi readers ^^           

No comments