Monday, 20 May 2019

Sejarah Munculnya THR di Indonesia


Selamat datang kembali di blog saya para readers sekalian! Well, di pertengahan bulan Ramadan ini saya akan membagikan tausyiah lagi kepada kalian dan adapun tausyiah saya kali ini adalah tentang Tunjangan Hari Raya a.k.a THR. Ngomong-ngomong kalian tahu tidak kapan THR pertama kali muncul di tanah air? Nah, kalau mau tahu yuk selesaikan untuk membaca tulisan ini.

Baiklah readers sekalian mari kita lanjutkan pembahasan tentang sejarah THR di Indonesia. Jadi THR atau Tunjangan Hari Raya itu sendiri adalah hak pendapatan para pekerja atau karyawan  yang wajib untuk dibayarkan oleh perusahaan menjelang hari raya keagamaan seperti lebaran. Menurut kabarburuh.com THR pertama kali hadir pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Pada saat itu ada yang disebut dengan kabinet Soekiman Wirjosandjojo yang memiliki program peningkatan kesejahteraan pamong pradja atau saat ini sudah dikenal sebagai Pegawai Negeri Sipil atau PNS.
Menurut sejarah, awalnya tunjangan kesejahteraan tersebut hanya dikhususkan untuk para pejabat atau pegawai pemerintahan saja. Katanya juga waktu itu Tunjangan Hari Raya diberikan sebagai strategi agar para pegawai negeri sipil memberikan suara atau dukungannya kepada pemerintahan yang menaungi mereka pada waktu itu. Saat pelaksanaanya, Kabinet Soekiman memberikan Tunjangan Hari Raya  kepada para pegawai pemerintahan pada saat menjelang hari raya atau lebaran. Jumlah yang diberikan pada era itu sekitar Rp. 125 sampai dengan Rp. 200 yang kalau dirupiahkan di jaman sekarang menjadi Rp. 1.100.000 hingga Rp. 1.750.000.

Kala itu ternyata tunjangan hari raya tidak hanya berupa uang melainkan juga beras. Namun, karena di era Soekarno tersebut THR hanya diperuntukkan untuk pegawai negeri sipil saja akhirnya para karyawan dan buruh perusahaan melancarkan aksi protes pada saat itu. Mereka menuntut pemerintah untuk memberikan tunjangan juga untuk mereka. Para kaum buruh menganggap pemerintah pilih kasih terhadap mereka apalagi saat itu diketahui juga bila para kalangan pegawai pemerintahan saat itu kebanyakan diisi oleh kalangan bangsawan dan kaum berkasta tinggi. Intinya saat itu kaum buruh tidak mau dibeda-bedakan mengenai persoalan tunjangan hari raya. Pokoknya kalau pegawai negeri dapat mereka juga harus dapat.

Belajar dari kasus di era kabinet Soekiman ini akhirnya menjadi titik awal bagi pemerintah untuk menjadikan THR sebagai anggaran rutin negara. Tak hanya itu, pada tahun 1994 pemerintah pun telah mengatur secara resmi perihal THR untuk para pekerja di perusahaan-perusahaan swasta. Dalam peraturan tersebut menyatakan bila para pengusaha wajib memberikan THR kepada para pekerjanya yang telah bekerja selama tiga bulan secara terus-menerus atau lebih. Kemudian di tahun 2016, kementrian Ketenagakerjaan kembali merevisi aturan yang dibuat sebelumnya di mana pekerja yang sudah bekerja minimal satu bulan juga sudah berhak mendapatkan THR. Tak hanya pegawai  karyawan tetap melainkan untuk pegawai kontrak.

Baiklah readers, itu dia sedikit cerita tentang sejarah hadirnya THR di tanah air. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.


Sunday, 19 May 2019

Inspirasi Gaya Rambut Untuk Rambut Pendek


Hai readers, selamat memasuki hari ke-13 puasa bersama tausyiah Ramadan di blog saya hari ini.  Di konten kali ini saya akan kembali memberikan tips-tips kecantikan untuk kalian semua terutama nih untuk para perempuan-perempuan di luar sana. Dan adapun tips-tips kecantikan yang saya berikan pada tulisan saya kali ini adalah tentang inspirasi gaya rambut untuk pemilik rambut pendek.

Ok readers, seperti yang orang-orang katakan kalau rambut bagi perempuan itu adalah mahkotanya. Tidak jarang kita melihat banyak sekali wanita yang gemar ke salon dan betah berlama-lama di sana demi memperindah dan mempercantik rambut mereka. Apalagi nih bagi wanita-wanita pemilik rambut panjang yang memang gemar gonta-ganti gaya dan warna rambut. Bisa dibilang wanita pemilik rambut panjang lebih mudah untuk menata rambut mereka mau dikepang, dicacing, diikat biasa pokoknya perempuan berambut panjang itu memang punya kelebihan kalau soal utak-atik gaya rambut. Hmmm terus bagaimana dong dengan pemilik rambut pendek? Etzz tunggu dulu, kalau kalian mempunyai rambut pendek bukan berarti kalian tidak bisa menata rambut kalian seperti pemilik rambut panjang. Ada banyak kok inspirasi gaya rambut untuk wanita berambut pendek yang kalian bisa coba. Kuy langsung saja saya bahas tips-tips gaya rambut untuk pemilik rambut pendek.

Yang pertama ada model pixie panjang yang disisir kesamping. Kalau wajah kalian berbentuk hati gaya rambut ini cocok untuk kalian coba.



Kedua ada gaya side swept fringe with headband. Gaya rambut yang satu ini lebih menonjolkan gaya rambut yang di sisir menyamping dengan tampilan sederhana tapi tetap menawan. 



Terus ada juga nih gaya side swept asymmetrical bob yang akan membuat penampilan kamu lebih anggun meskipun berambut pendek.



Selanjutnya ada retro fingers wive yaitu model rambut yang cocok kalian gunakan untuk ke pesta. 


Ada juga gaya bold blunt bob yang akan membuat penampilan kamu lebih terlihat modern.



Gaya rambut selanjutnya yaitu slicked backdo. Buat kalian yang memang memiliki rambut yang sangat-sangat pendek, model yang satu ini kayaknya memang patut kalian coba. 



Kemudian untuk kalian yang memiliki rambut sekitar sebahu maka gaya rambut twisted bun adalah pilihan yang tepat untuk makin mempercantik penampilan kalian soalnya gulungan yang ada di bagian belakang akan menonjolkan sisi menawanmu sebagai seorang perempuan. 




Nah bagi yang berambut pendek dan agak bergelombang kalian bisa mencoba gaya rambut bob bergelombang.


Ok readers itulah beberapa gaya rambut khusus kalian para perempuan pemilik rambut pendek. Jadi tidak usah pusing lagi untuk menata rambut pendek yang kalian punya. Kalian juga bisa mengunjungi akun youtube wanita22 untuk info dan gaya rambut lainnya. Selamat mencoba readers
  




Friday, 17 May 2019

Baju Tunik Di Hari Lebaran


Hallo Readers, selamat datang kembali di blog saya. Hmmm menuju pertengahan Ramadan ini kira-kira kalian sudah melirik-lirik model baju apa yang akan kalian pakai saat hari raya nanti? Atau masih bingung mau beli baju yang seperti apa? Kalau kalian bingung dengan fashion pas hari lebaran nanti mungkin tulisan ini cocok untuk kalian baca. Kuy dilanjutkan membacanya sampai habis hehe.

Ramadan memang belum sampai dipertengahan tapi tidak ada salahnya kalau kalian sudah mulai mencari-cari dan memikirkan fashion yang akan kalian kenakan di hari raya idul fitri nanti. Saya melihat tren busana lebaran beberapa tahun kemarin masih didominasi oleh busana gamis mulai dari gamis untuk orang tua sampai gamis untuk anak-anak mereka. Kalau saya perhatikan sih tren ini masih akan terus berjalan sampai tahun ini apalagi gaya gamis sekarang sudah mulai beraneka ragam mulai dari yang sederhana sampai yang elegan dan anggun.

Fashion memang akan terus berkembang mengikuti zaman begitu juga kita sebagai penikmat fashion yang akan terus digoda untuk memperbaharui busana-busana yang ada di lemari kita. Namun, tahukah kalian readers, kalau fashion yang cocok untuk kalian kenakan di hari raya nanti tak melulu busana gamis? Ada banyak gaya busana lebaran yang bisa kalian coba di hari raya nanti salah satunya adalah busana tunik yang juga makin ngetrend di tahun ini.

Untuk yang belum tahu baju tunik sini saya jelaskan dulu. Jadi menurut Wikipedia baju tunik adalah pakaian longgar yang menutupi dada, bahu, dan panggung. Baju ini kadang berlengan kadang juga tanpa lengan. Adapun panjangnya bisa sampai pinggul dan juga di atas lutut. Kebetulan saya suka sekali dengan model baju tunik karena selain terlihat simple, baju ini juga cocok dipakai dalam berbagai situasi baik itu formal ataupun santai.

Untuk kalian yang sedang berencana untuk membeli sekaligus memakai baju jenis ini saat lebaran nanti kuy baca beberapa tips dari saya. Ok, yang pertama kalian harus perhatikan bahannya. Jangan pilih kain tunik yang tipis yah readers jangan sampai aurat kamu masih kelihatan pas pake tunik. Untuk amannya kalian bisa memakai manset dulu sebelum memakai tunik. Karena mau dipakai pas lebaran, usahakan juga pakai tunik yang berlengan panjang biar tidak susah cari cardigan atau luaran lagi apalagi kalau kamu memang seorang hijaber. Dan tips terakhir dari saya adalah padukan baju tunikmu dengan celana kain atau rok lurus sehingga kamu tetap terlihat cantik dan anggun di hari raya nanti.



Yuk Memasak Ketupat dengan Panci Presto




Selamat datang kembali di tausyiah hari ke 11 Ramadan di blog saya wahai readers sekalian! Berhubung saya sudah lama tidak membuat konten masak-masak so, pada postingan kali ini saya akan kembali menjadi seorang chef dadakan lagi. Well, pada konten kali ini saya akan membagikan langkah-langkah atau cara-cara memasak ketupat dengan menggunakan panci presto. Kenapa pake panci presto? Karena eh karena masak ketupat dengan memakai panci presto lebih hemat waktu dibandingkan panci-panci pada umumnya. Dan untuk mempersingkat waktu saya juga untuk mengetik tulisan ini kuy langsung ikuti langkah-langkah memasak ketupat dengan menggunakan panci presto.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah memiliki beras karena percuma juga ada daun pandan kalau tidak terisi beras hehe. So, siapkan ketupat kemudian isi dengan beras sekitar ¾. Setelah seluruh ketupat siap segera masukkan ke dalam panci presto. Sekedar tips untuk kalian readers, jika kalian ingin aroma ketupat yang kalian masak lebih harum maka silahkan tambah sekitar dua lembar daun pandan ke dalam panci.   Setelah itu, masukkan air sampai seluruh badan ketupat terendam air kemudian tutup panci dengan rapat lalu masak dengan api besar sampai panci presto mengeluarkan bunyi. Ketika katup pada panci presto telah berputar dan  mengeluarkan uap kalian bisa mengecilkan api kompor. Setelah api kembali menjadi normal silahkan lanjutkan memasak ketupat sekitar 45 menit atau selama satu jam. Kemudian matikan api pada kompor. Oh iya readers, ketika ketupat sudah masak dan kompor juga sudah padam jangan buru-buru untuk membuka panci. Diamkan sekitar 10 menitan dulu. Jangan lupa juga untuk memperhatikan katup panci presto. Pastikan katup panci presto sudah turun yah. Saya sih biasanya mengeluarkan uap dari katup panci presto pake sendok yang diselipkan dibagian bawah katup. Setelah itu perlahan-lahan uap dari dalam panci akan keluar. Jangan pernah mencoba untuk membuka panci presto yang masih dalam terkunci atau tertutup rapat ya readers. Nanti uap dari panci bisa kena tangan atau wajah kalian so hati-hati yah.

Nah setelah panci sudah aman silahkan keluarkan ketuat-ketupat tersebut. Agar cepat dingin kalian bisa gantung ketupat-ketupat tersebut biar airnya cepat menetes. Setelah ditiriskan dan sudah dingin kalian bisa langsung menyantap ketupat bersama hidangan andalan kalian di hari lebaran. Selamat mencoba readers!


Wednesday, 15 May 2019

Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa



Selamat memasuki hari ke 10 Ramadan para readers sekalian! Menuju pertengahan bulan Ramadan ini saya akan kembali memberikan beberapa tips selama berpuasa. Dan untuk hari ini saya akan membagikan beberapa cara untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa.

Sebelumnya, tahukah kalian mengapa mulut kita berbau selama berpuasa? Dikutip dari Kumparan, nafas kita berbau saat bulan Ramadan disebabkan oleh beberapa hal salah satunya karena saat saat berpuasa kita tidak boleh minum sehingga mulut kita pun lebih mudah menjadi kering dan air liur di dalam mulut kita pun akan berkurang. Menurut pakar kesehatan, ludah kita berperan penting dalam menjaga mulut kita termasuk dalam menjaga kesegaran mulut. Tak hanya minum, selama bulan puasa kita pun tidak diperbolehkan untuk makan. Kurangnya karbohidrat dalam tubuh juga menjadi penyebab mengapa mulut kita bisa berbau.

Selama bulan puasa ini tentu kita sering mendapati nafas kita berbau. Bau yang tidak sedap dari mulut kita ini juga tentu membuat kita merasa kurang nyaman dan tidak percaya diri meskipun bau mulut tersebut adalah hal yang wajar selama menunaikan puasa. Sebenarnya, untuk mengatasi masalah bau mulut ini bukanlah hal yang susah. Beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menghindari atau mengurangi bau mulut saat bulan puasa bisa dengan mengurangi jumlah konsumsi kopi saat berpuasa. Seperti yang telah saya bahas di konten sebelumnya jika mengkonsumsi banyak kopi akan meninggalkan noda kuning pada gigi begitu juga dengan nafas yang tidak sedap. Untuk mencegah bau mulut saat berpuasa ada baiknya kalian mengurangi minum-minuman berkafein saat puasa.  Selain itu, usahakan juga untuk menghindari makanan-makanan yang sangat memicu bau tak sedap pada mulut seperti junk food, bawang, maupun daging. Kalian bisa menyantap lebih banyak buah dan sayuran saat sahur nanti karena selain mencegah timbulnya bau mulut, kalian juga akan lebih sehat dalam menjalankan ibadah puasa. Hal yang terpenting yang harus kalian lakukan saat sahur adalah dengan meminum banyak-banyak air putih. Seperti yang kita ketahui kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi selama berpuasa juga menjadi penyebab bau mulut tersebut.  Oh iya readers, jangan lupa juga untuk rutin menyikat gigi setelah sahur yah agar gigi kalian tetap sehat dan nafas kalian juga bisa lebih segar selama berpuasa.

Saya kira cukup demikian beberapa tips selama berpuasa pada hari ini. Silahkan diterapkan biar kalian tetap percaya diri selama menunaikan ibadah puasa. Selamat mencoba!