Friday, 20 January 2017

Mari Berburu Beasiswa!

Punya cita-cita untuk kuliah di luar negeri pasti menjadi impian banyak orang. Menetap sebagai mahasiswa di negeri yang kita idam-idamkan punya sensasi dan pengalaman tersendiri tentunya. Saat ini sudah banyak  sekali mahasiswa-mahasiswi Indonesia yang telah mencicipi nikmatnya kuliah di luar negeri. Saya juga yakin kalian ingin menjadi salah satunya di kemudian hari. Untuk kalian yang berfikir kuliah di luar negeri itu susah dan mahal cobalah untuk membuang pikiran itu jauh-jauh dulu karena saat ini sudah banyak para penyedia beasiswa yang membutuhkan calon mahasiswa dan mahasiswi yang berkeinginan kuliah di luar negeri. Kalian mungkin kenal beberapa artis yang saat ini sedang menempuh dan bahkan ada pula yang telah menyelesaikan studi mereka di luar negeri. Sebut saja Maudy Ayunda, gadis serba bisa ini telah menyelesaikan pendidikan Strata satunya di salah satu universitas top dunia yaitu Oxford University di Inggris. Vidi Aldiano, penyanyi cowok yang satu ini juga telah menyelesaikan jenjang masternya di University of Manchester di Inggris Kemudian ada Cinta Laura dan Tasya Kamila yang juga melanjutkan jenjang pendidikannya di Columbia University yang merupakah tempat kuliah mantan presiden Barack Obama. Ada juga penyanyi cewek yang bersuara khas, Gita Gutawa yang berhasil menyelesaikan masternya di University of Birmingham di Inggris. Beberapa artis tersebut telah membuktikan kalau mereka bisa kuliah di luar negeri. Usaha dan ketekunan juga merupakan modal kuat untuk mereka sehingga mereka bisa menembus kampus-kampus keren di luar sana. Tasya Kamila dan Gita Gutawa membuktikan kalau mereka juga bisa tembus kuliah di luar negeri lewat beasiswa loh readers. Kedua artis cantik ini berhasil meraih beasiswa LPDP untuk melanjutkan karir pendidikan mereka di luar negeri. Nah, untuk itu readers kali ini saya akan membagikan beberapa penyedia beasiswa luar negeri yang patut kalian coba. 

LPDP 

LPDP merupakan singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Lembaga penyedia beasiswa ini telah menjadi incaran bagi para pemburu beasiswa saat ini. Sekarang sudah ada ribuan penerima beasiswa LPDP yang melanjutkan kuliah di luar negeri. Para penerima beasiswa LPDP dikenal dengan sebutan awardee LPDP. Ada banyak jenis beasiswa yang ditawarkan oleh pihak LPDP seperti Beasiswa Magister dan Doktor, Beasiswa Tesis dan Disertasi, Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Spesialis Kedokteran, dan Presidential Scholarship. Negera tujuan untuk melanjutkan studi dalam list LPDP juga sangat banyak seperti Amerika, Inggris, Jepang, Korea, China, Singapura, Thailand, Belanda, Selandia Baru, dan masih banyak negara lainnya. Salah satu kelebihan dari LPDP itu sendiri yaitu dengan memberikan pilihan negara tujuan yang kita inginkan dan tentunya kita juga harus memenuhi persyaratan negara dan kampus tujuan yang telah kita pilih. Untuk mengenal lebih jauh dengan beasiswa yang satu ini silahkan kunjungi website resmi mereka di sini LPDP.

CHEVENING


Beasiswa yang satu ini mungkin agak samar-samar di telinga kalian. Walaupun tak sepopuler LPDP tapi beasiswa ini juga patut untuk dicoba. Chevening merupakan penyedia beasiswa yang dinaungi oleh pemerintah Inggris yang fokus kepada pengembangan kepemimpinan atau yang mereka sebut sebagai developing global leaders. Berbeda dengan beasiswa LPDP yang memiliki banyak negara tujuan. Beasiswa ini hanya ditujukan kepada mahasiswa dan mahasisiwi yang ingin melanjutkan kuliah di Inggris. Jadi, jika kalian bercita-cita untuk kuliah di Inggris silahkan mencoba untuk daftar beasiswa ini. Ada banyak pilihan kampus berkualitas yang disediakan oleh pihak Chevening bagi para scholarship hunter. Sebut saja Oxford, Cambridge, Edinburgh, Glasgow, Birmingham, Warwick dan masih banyak lagi. Jika kalian lolos sebagai penerima beasiswa maka kalian akan mendapatkan uang SPP gratis, uang bulanan, uang perjalanan dari UK dan ke UK, uang saku kedatangan, tunjangan keberangkatan pulang, biaya VISA, dan juga hibah untuk setiap menghadiri acara yang diadakan oleh Chevening di Inggris. Wowww, keren kan readers? Kalau kamu tertarik untuk kuliah di Inggris silahkan baca lebih lengkapnya di sini Chevening Indonesia.

NEW ZEALAND ASEAN SCHOLAR AWARDS


Sesuai dengan namanya beasiswa ini merupakan beasiswa yang diberikan kepada negara-negara di ASEAN termasuk Indonesia. Dana beasiswa ini  berasal dari pemerintah Selandia Baru. Kalau Inggris punya Chevening di Selandia Baru ada New Zealand Asean Scholar Awards atau lebih dikenal dengan singkatan NZAS. Penyedia beasiswa ini fokus mencari penerima beasiswa yang memiliki ilmu, skill, dan beberapa kualifikasi yang mampu berkontribusi pada bidang ekonomi, sosial, dan pengembangan politik di daerahnya. Adapun tipe dari beasiswa yang ditawarkan dari NZAS antara lain; postgraduate certificate (6 Bulan), Postgraduate Diploma (1 tahun), Master Degree (1-2 tahun) dan Phd (Sekitar 3,5 tahun keatas). Beberapa institusi yang bisa menjadi pilihan kalian untuk melanjutkan kuliah seperti Auckland University of Technology, Lincoln University, Massey University, United Institute of Technology, University of Auckland, University of Canterbury, University of Otago, Victoria University of Wellinghton, University of Waikato, dan Manukau Institute of Technology. Bagaimana readers, sudah punya rencana untuk belajar di negeri yang terkenal dengan biri-biri dan pemandangan yang menakjubkannya di dunia? Kalau kamu tertarik untuk kuliah lewat beasiswa ini silahkan klik link berikut NZAS

MORA SCHOLARSHIP

Ministry of Relegion Affairs Scholarship atau MORA Scholarship merupakan lembaga beasiswa yang didanai langsung oleh kementrian agama Indonesia. Sesuai cita-cita yang ingin diwujudkan oleh kementrian agama Indonesia yaitu program 5000 Doktor maka diusunglah pula program beasiswa studi S2 di luar negeri. Karena sumber dananya dari kementrian agama maka fokus penerima beasiswa ini juga difokuskan kepada tenaga kependidikan di perguruan tinggi Islam. Jadi untuk kalian yang berasal dari perguruan tinggi Islam dan memiliki akreditasi B pada pada program studi kalian maka kalian bisa mendaftarkan diri kalian. Selain merupakan alumni perguruan tinggi Islam kalian juga harus memenuhi persyaratan sebagai tenaga kependidikan pada PTKI (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam) atau PNS dan pejabat fungsional umum pada direktorat jenderal pendidikan Islam. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi laman resmi MORA Scholarship di bagian ini MORA Scholarship.

Selain beberapa beasiswa yang sudah cukup terkenal seperti Fullbright-Aminef, AAS, ataupun Beasiswa Unggulan, beasiswa yang saya sebutkan di atas bisa menjadi jalan untuk mewujudkan mimpi kalian dalam mengenyam dunia pendidikan di luar negeri. So readers, when it's your turn to go abroad? Ingat kalian tidak sendirian banyak para pejuang dan pemburu beasiswa yang juga sedang berusaha mewujudkan mimpinya itu di luar sana termasuk saya sendiri. Semangat!

0 comments:

Post a Comment