Friday, 29 December 2017

Ruang Guru For Education


Semakin berkembang pesatnya teknologi, membuat para pegiat pendidikan juga terus melakukan inovasi-inovasi demi memajukan pendidikan di indonesia. Salah satu platform aplikasi pendidikan yang telah dipakai oleh jutaan anak Indonesia saat ini adalah Ruangguru. Selain bertujuan untuk membantu para siswa dalam belajar, Ruangguru juga telah berperan besar dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan tambahan penghasilan bagi guru di Indonesia. Berbeda dengan dua aplikasi berbasis pendidikan yang lebih dikenal sebelumnya yaitu Quipper dan Zenius, Ruangguru memiliki fitur-fitur yang lebih unggul, baik itu dari segi content maupun tampilan.

Dari segi content Ruangguru menyediakan beragam fitur yang memudahkan para siswa dalam belajar. Di dalam aplikasinya, terdapat enam menu yang bisa kalian pilih yaitu ruangbelajar, digitalbootcamp, ruangles, ruanglesonline, ruanguji dan ruangkelas. Berbeda dengan Quipper dan Zenius yang fokus pada video belajar, di Ruangguru para siswa bisa memilih banyak pilihan fitur pembelajaran. Materinya juga disusun sesuai kurikulum yang berlaku saat ini, baik itu KTSP, K13 maupun revisi K13.

Sekarang kita bahas satu per satu fiturnya ya. Pertama, ada ruangbelajar yaitu video animasi yang membahas pelajaran dari SD-SMA. Di dalamnya terdapat latihan soal, rangkuman pelajaran dengan desain yang menarik. Selain itu, terdapat digitalbootcamp yaitu group chat bimbel online untuk kelas 6 SD sampai 12 SMA yang berisikan maksimal dua puluh orang siswa. Di sini terdapat mentor yang standby memandu siswa, juga memberikan materi belajar lengkap seperti modul, soal, tryout, webinar yang sesuai dengan kurikulum. Fitur selanjutnya, ruangles berupa fitur untuk mencari guru privat sesuai dengan kebutuhan siswa. Sedangkan, fitur ruanglesonline merupakan cara cepat bagi siswa yang ingin berkonsultasi mengenai soal pelajaran.

Kemudian, ada juga yang disebut dengan ruanguji yaitu fitur yang melatih siswa dengan menjawab soal-soal tryout. Terakhir, fitur ruangkelas berupa layanan learning management system yang dapat digunakan secara gratis untuk guru dan siswa. Guru dapat mengakses ruangkelas yang tidak hanya bisa digunakan sebagai tools untuk memberikan tugas pada siswa secara online. Akan tetapi, juga bisa membantu guru memantau dan mengevaluasi tugas mereka.  

Dilihat dari segi tampilan, Ruangguru menyajikan tampilan yang lebih menarik dan lebih mudah digunakan. Video pembelajaran yang tersedia di Ruangguru menampilkan animasi yang lebih menarik serta para guru yang lebih interaktif dibandingkan dengan Quipper dan Zenius. Adapun fitur ataupun menu di dalam aplikasi Ruangguru terlihat lebih tertata dan terstruktur dari segi pilihan menunya hingga pada penjelasan tiap fiturnya sehingga memudahkan para siswa untuk menggunakannya. Warna yang digunakan pada aplikasi Ruangguru juga lebih terlihat menarik dibandingkan dengan Zenius yang terlihat monoton dengan dua warna yang mendominasi yaitu hitam dan kuning.   

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Ruangguru di atas merupakan bukti komitmennya untuk terus melakukan inovasi-inovasi pendidikan Indonesia dengan memanfaatkan teknologi saat ini.              

0 comments:

Post a Comment