Wednesday, 22 May 2019

Apa sih perbedaan zakat, infaq dan sedekah?



Hello readers! Hari ini saya akan kembali dengan tausyiah Ramadan di blog saya. Tak seperti tausyiah saya di tulisan-tulisan sebelumnya yang masih terlalu mengandung unsur unfaedah maka kali ini izinkan lah saya untuk benar-benar serius agar kalian lebih khidmat lagi dalam membaca tulisan saya ini. Baiklah para readers sekalian yang dirahmati dan diridhoi oleh Allah SWT, langsung saja saya akan membahas apa itu zakat, infaq dan sedekah.

Adapun zakat adalah mengambil sebagian harta dengan ketentuan tertentu untuk diberikan kepada orang-orang tertentu pula. Zakat ini juga hukumnya wajib dilaksanakan oleh umat muslim yang memang dikenai kewajiban untuk membayar zakat. Adapun infaq dan sedekah tidak diwajibkan melainkan disunahkan saja untuk para umat muslim. 

Kemudian, pengertian infaq adalah segala jenis pembelanjaan seorang muslim untuk kepentingan diri sendiri, keluarga, maupun masyarkat sedangkan sedekah adalah bentuk bentuk infaq yang lebih spesifik lagi. Adapun kegiatan bersedekah ini tidak hanya dikhususkan dalam bentuk uang saja. Kita bisa bersedekah dalam bentuk materi seperti makanan dan bisa juga dilakukan dalam bentuk berbagi pikiran ataupun lewat sumbangsi tenaga.

Dalam membayar zakat terdapat beberapa waktu tertentu yang diberikan. Zakat fitrah misalnya kita diwajibkan menunaikannya selama bulan Ramadan. Kemudian zakat maal dibayarkan ketika telah mencapai nisabnya dan mencapai nisabnya. Sedangkan untuk infaq dan sedekah tidak memiliki batasan waktu yang ditentukan. Ketika kita memiliki kemampuan untuk menunaikannya maka segerakanlah untuk berinfaq ataupun bersedekah. Dalam bersedekah ada beberapa hal yang harus kita perhatikan nih readers yang pertama yaitu kita harus belajar tentang fiqih sedekah jangan sampai kita punya niat sekaligus kemampuan untuk menunaikannya tapi salah sasaran. Ada baiknya kita bertanya juga pada ahli ilmu tentang bagaimana bersedekah yang baik itu. Kemudian saat bersedekah gunakanlah harta terbaik dan halal kita jangan bersedekah dengan harta yang haram dan tidak halal yah readers. Yang penting juga adalah saat bersedekah berusahalah untuk merahasiakannya dan tidak mengumbarnya kemana-mana. Selanjutnya, bersedekahlah kepada orang lebih membutuhkan apalagi kalau yang sedang membutuhkan adalah kerabat atau keluarga kita sendiri. Yang terakhir nih, barang yang telah kalian sedekahkan tidak boleh kalian ungkit-ungkit lagi apalagi di depan si penerima sedekah tersebut atau yang lebih parah kalian malah meminta kembali barang yang telah kalian sedekahkan tersebut. Jangan seperti itu ya readers.

Well readers demikianlah tausyiah hari ini di blog saya semoga apa yang saya tulis benar-benar membawa manfaat kepada kita semua. Jangan lupa bayar zakat di bulan Ramadan ini yah readers. See you in the next post.  



0 comments:

Post a Comment