Sunday, 12 May 2019

Bye-Bye Dandruff!


Selamat datang kembali di blog saya para readers sekalian. Well, kali ini saya tidak sedang menjadi chef dadakan atau memberikan tausyiah lagi melainkan saya akan mencoba untuk menjadi seorang pakar kesehatan dadakan yang akan memberikan beberapa tips kesehatan untuk kalian semua.Adapun masalah kesehatan yang akan saya bahas pada malam ini adalah tentang kesehatan rambut. Tentunya memiliki rambut yang tidak sehat sangat menganggu aktifitas kita tiap harinya yah readers, apalagi untuk sebagian wanita berambut panjang dan juga wanita berhijab. Belum lagi kalau jadwal padat tiap harinya. Rasa gatal yang ditimbulkan oleh ketombe di kepala memang sangat-sangat mengurangi kepercayaan diri kita dalam beraktifitas.

Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya ketombe di kepala. Bisa jadi karena pengaruh shampoo yang tidak cocok dengan kulit kepala kita atau memang kita yang malas untuk melakukan keramas. Sebaliknya. Terlalu sering melakukan keramas ternyata juga bisa menyebabkan munculnya ketombe pada rambut loh readers. Karena keseringan dicuci akhirnya rambut kita pun jadi kesulitan untuk memproduksi minyak alami. Selain itu, penyebab datangnya ketombe di rambut juga bisa disebabkan  oleh adanya jamur malassezia yang tumbuh secara berlebihan di kulit kepala kita.

Sebenarnya, ada banyak bahan-bahan alami yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi permasalahan ketombe di kepala. Bahan paling sederhana dan gampang kalian temui salah satunya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Adapun hal pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan memeras jeruk nipis tersebut ke dalam sebuah wadah kemudian mencampurkannya dengan air secukupnya. Setelah itu kalian tinggal mengoleskannya ke rambut kalian. kemudian diamkan beberapa saat sampai jeruk nipis betul-betul meresap ke kulit kepala kita. Dan yang terakhir kalian tinggal membilas rambut kalian dengan air bersih.

Lidah buaya ternyata memiliki manfaat dalam menghilangkan ketombe juga loh readers. Kalian hanya cukup menyiapkan lidah buaya sesuai keperluan rambut kalian setelah itu kalian kupas kulitnya kemudian ambil gel lidah buaya tersebut untuk dioleskan ke kepala kalian. Untuk hasil maksimal kalian bisa mendiamkan gel lidah buaya tersebut sekitar 40-50  menit di kepala kalian. Kemudian bilas dengan air bersih.

Selain bahan alami yang saya sebutkan di atas ternyata ada juga loh obat yang ampuh membersihkan kepala kita dari ketombe.  Obat aspirin yang sering kita dengar atau mungkin sering kita temui ini ternyata memiliki kandungan asam salisilat yang bisa menghilangkan ketombe. Nah kalau kalian mau coba, silahkan siapkan sekitar dua tablet aspirin kemudian hancurkan sampai menjadi halus. Setelah halus campurkan aspirin tersebut dengan shampoo yang kalian punya. Kemudian kalian sisa pakai deh buat keramas.

Ok readers, saya kira cukup sekian tips kesehatan rambut dari saya. Kalau kalian penasaran dengan hasilnya silahkan dicoba di rumah yah Selamat mencoba!  


0 comments:

Post a Comment