Friday, 10 May 2019

Penyegar Tenggorokan di Bulan Puasa



Selamat datang kembali di konten chef dadakan hari ini para readers sekalian! Berhubung menu puasa kemarin cukup mengandung banyak lemak dan kemungkinan bisa menyebabkan para penghuni rumah cukup ennek kalau saya buat pizza lagi so, kali ini saya mau buat menu yang segar-segar biar tenggorokan lebih segar setelah puasa seharian. Yah sebut saja menu untuk merefresh leher dari takjil yang manis-manis hari ini.

Adapun pilihan menu makanan yang beruntung untuk saya masak pada hari ini jatuh kepada sayur asem buah kelor. Sedikit cerita para readers sekalian, sebenarnya hari ini saya berencana untuk masak sayur asam beraneka rupa campuran sayur itu tapi setelah buka kulkas ternyata saya tak menemukan jagung manis, labu siam, daun melinjo, kacang panjang dan kawan-kawannya itu. Mau belanja ke pasar saya juga sudah mager, untung saya masih menemukan beberapa batang buah kelor yang nyempil di dalam kulkas. Pada akhirnya sayur asam untuk menu buka puasa pada hari ini tidak menjadi sebuah wacana. Walaupun bahannya beda but it’s ok lah yah, yang jelas sama-sama sayur asem.

Well, tanpa perlu berlama-lama lagi, kuy ikuti proses perjalanan hijrah si beberapa batang buah kelor ini untuk menjadi semangkuk sayur asem.

Bahan:

·         Kurang lebih 8 batang buah kelor
·         Air secukupnya
·         Satu batang sereh,
·         Garam seperlunya
·         Penyedap rasa seperlunya
·         Asam secukupnya (asam mangga, asam jawa ataupun asam yang lainnya)

Langkah-langkah:
  •  Bersihkan kulit buah kelor, potong-potong sesuai selera kemudian cuci hingga bersih
  •  Didihkan air kemudian masukan buah kelor, sereh yang sudah digeprek dan asam
  •  Masukkan garam dan penyedap rasa
  •  Aduk merata seluru bumbu dan buah kelor
  •  Tunggu hingga bumbu meresap dan buah kelor matang
  •  Sayur asam buah kelor siap dieksekusi
Sedikit tambahan untuk para readers sekalian, kalian juga bisa menambahkan bumbu-bumbu lain seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ataupun terasi ke dalam masakan kalian. Kalau kalian pecinta pecinta pedas kalian juga bisa memasukkan cabe di dalam sayur asem buah kelor ala kalian. Begitu juga dengan sayuran lainnya seperti jagung, labu siam, atau kacang panjang. Silahkan berkreasi sesuai selera lidah kalian. Ok readers, saya rasa demikian rangkaian acara chef dadakan pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba!  


3 comments: