Friday, 24 May 2019

Setelah Ramadan Tetap Konsisten Dengan Amalan-Amalan Ini


Selamat datang kembali di blog saya para readers sekalian! Menuju hari kedua puluh puasa di bulan Ramadan ini tentu kalian sudah banyak melakukan amalan-amalan yang hanya bisa kalian lakukan di bulan suci ini misalnya membayar zakat, shalat tarawih atau mungkin berbuka puasa bersama orang-orang yang membutuhkan. Hmmm, tahukah kalian readers bila bulan puasa bisa menjadi waktu yang tepat untuk kalian dalam menambah pundi-pundi pahala. Ya, salah satunya adalah mengaji karena di bulan Ramadan yang penuh rahmat ini Allah akan melipat gandakan pahala bagi setiap muslim yang membaca kalam-Nya. Tapi, ada tapinya nih readers, kalian kalau mengaji jangan asal mengaji saja apalagi kalau niatnya cuma mau buru-buru khatam Alquran. Yang lebih parah lagi kalau kalian asal baca saja pokoknya lurussss saja yang jelas sampai juz 30 selesai. Selain itu rajin-rajin sedekah juga di bulan puasa ini readers apalagi untuk orang-orang yang tidak mampu di sekitar kita termasuk kepada anak yatim piatu.   

Oh iya readers bulan Ramadan yang hanya datang sekali setahun ini sebenarnya bisa menjadi momen yang tepat untuk kita semua untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Sebut saja shalat lima waktu, jika di luar bulan puasa kalian masih biasa bolong-bolong sholatnya atau mungkin masih sering sholat tidak tepat waktu maka di bulan suci ini adalah waktu yang sangat tepat untuk memperbaiki sholat kita. Sebuah tips dari saya untuk kalian yang sering telat sholat subuh kayak diri saya sendiri hehe. Usahakan setelah sahur jangan langsung tidur readers, tunaikan shalat subuh dulu baru dilanjut tidurnya. Nah ini buat tahap pemula, kalau sudah advance usahkan setelah sholat jangan tidur lagi tapi silahkan lanjutkan dengan mengaji, membaca buku, atau aktifitas-aktifitas lainnya. Dengan rutinitas yang terjadwal seperti ini InsyaAllah setelah bulan puasa kelar kita masih tetap konsisten menjalankannya.

Selain memperbaiki sholat lima waktu kita, di bulan Ramadan ini kita juga bisa melatih diri kita untuk lebih sering menunaikan sholat sunnah baik itu sholat dhuha ataupun sholat tahajjud. Tips lagi nih dari saya, saat bangun sahur jangan langsung ke meja makan dulu. Silahkan ambil air wudhu dulu untuk shalat tahajjud kemudian barulah melaksanakan sahur. Begitu pun dengan shalat dhuha. Sempatkanlah menunaikan shalat dhuha meskipun kita dalam posisi bertugas atau bekerja, tunaikanlah shalat dhuha dulu sebelum melanjutkan kembali aktifitas kita yang lainnya. Dan yang terakhir jangan lupa juga untuk menyempatkan mengaji dimanapun dan kapanpun kalian berada.   

Selain menjadi ladang pahala, bulan puasa ini juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk melatih diri kita agar lebih dekat lagi dengan Allah SWT. Semoga setelah Ramadan kalian dan saya pribadi bisa tetap konsisten menjalankan amalan-amalan yang bernilai pahala di sisi-Nya.


0 comments:

Post a Comment