Friday, 17 May 2019

Yuk Memasak Ketupat dengan Panci Presto




Selamat datang kembali di tausyiah hari ke 11 Ramadan di blog saya wahai readers sekalian! Berhubung saya sudah lama tidak membuat konten masak-masak so, pada postingan kali ini saya akan kembali menjadi seorang chef dadakan lagi. Well, pada konten kali ini saya akan membagikan langkah-langkah atau cara-cara memasak ketupat dengan menggunakan panci presto. Kenapa pake panci presto? Karena eh karena masak ketupat dengan memakai panci presto lebih hemat waktu dibandingkan panci-panci pada umumnya. Dan untuk mempersingkat waktu saya juga untuk mengetik tulisan ini kuy langsung ikuti langkah-langkah memasak ketupat dengan menggunakan panci presto.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah memiliki beras karena percuma juga ada daun pandan kalau tidak terisi beras hehe. So, siapkan ketupat kemudian isi dengan beras sekitar ¾. Setelah seluruh ketupat siap segera masukkan ke dalam panci presto. Sekedar tips untuk kalian readers, jika kalian ingin aroma ketupat yang kalian masak lebih harum maka silahkan tambah sekitar dua lembar daun pandan ke dalam panci.   Setelah itu, masukkan air sampai seluruh badan ketupat terendam air kemudian tutup panci dengan rapat lalu masak dengan api besar sampai panci presto mengeluarkan bunyi. Ketika katup pada panci presto telah berputar dan  mengeluarkan uap kalian bisa mengecilkan api kompor. Setelah api kembali menjadi normal silahkan lanjutkan memasak ketupat sekitar 45 menit atau selama satu jam. Kemudian matikan api pada kompor. Oh iya readers, ketika ketupat sudah masak dan kompor juga sudah padam jangan buru-buru untuk membuka panci. Diamkan sekitar 10 menitan dulu. Jangan lupa juga untuk memperhatikan katup panci presto. Pastikan katup panci presto sudah turun yah. Saya sih biasanya mengeluarkan uap dari katup panci presto pake sendok yang diselipkan dibagian bawah katup. Setelah itu perlahan-lahan uap dari dalam panci akan keluar. Jangan pernah mencoba untuk membuka panci presto yang masih dalam terkunci atau tertutup rapat ya readers. Nanti uap dari panci bisa kena tangan atau wajah kalian so hati-hati yah.

Nah setelah panci sudah aman silahkan keluarkan ketuat-ketupat tersebut. Agar cepat dingin kalian bisa gantung ketupat-ketupat tersebut biar airnya cepat menetes. Setelah ditiriskan dan sudah dingin kalian bisa langsung menyantap ketupat bersama hidangan andalan kalian di hari lebaran. Selamat mencoba readers!


0 comments:

Post a Comment