Born Again (Review)


Review Born Again



Hai hai welcome back to my review board again para readers sekalian! Well, di review board kali ini saya akan kembali mereview salah satu drama dari KBS yang berjudul Born Again. Sebenarnya drama ini sudah tamat pas hari rabu kemarin tapi baru sempat saya review hari ini. So, I do apologize buat yang sudah request review tapi publishnya tidak tepat waktu kwkwkw.  Ok, mari kita mulai saja membagikan uneg-uneg tentang drama yang bertema cinta segitiga ini yereoubun!

Hal yang pertama yang akan saya bahas dulu ialah tentang para cast di dalam drama Born Again. Sejujurnya saya kurang srek sama pemain ceweknya, agak kurang pas menurut mata perdrakoran saya (ceilehhh). Tapi mbak Jin Se Yeon yang memerankan karakter Jung Sa Bin memang spesialisasi drama-drama saeguk sih jadi wajar kalau banyak yang komen soal ektingnya yang sorry to say terlalu kaku. Kalau karakternya di masa lalu sebagai Ha Eun masih pas menurut saya. Karena sosok Ha Eun memang digambarkan sebagai perempuan yang sangat feminim dan suka sastra plus punya toko buku. Pokoknya tipe kembang desa idaman para pria jaman old lah. Jadi wajar kalau suaranya juga lemah lembut dan puitis gitu kalau ngomong sama lawan bicaranya. Tapi, setelah bereinkarnasi jadi mbak Jung Sa Bin yang merupakan seorang peneliti dan dosen, karakter lemah dan lembut itu rasanya agak kurang pas. Ya mungkin karena sudah bereinkarnasi juga kali yah jadi pembawaanya tetap sama kayak di masa lalu. Tapi gimana yah, perpaduan ekting dari Jan Ki Yong sama Lee Seo Hyuk jadi kurang greget gitu.

Untuk bagian plotnya, I really love kisah masa lalu antara Ha Eun, Hyun Bin sama Gong Ji Chul. Coba kalian bayangkan, seseorang (Gong Ji Chul) yang lahir dari keluarga psikopat dan hidupnya kacau balau terus jatuh hati sama cewek (Ha Eun) yang sudah punya tunangan seorang detektif (Hyun Bin). Sungguh kisah cinta segitiga yang tragis sekali bukan? Yang bikin saya nyesek nonton itu ya karena karakternya Jan Ki Yong yang memang menyedihkan sekali. Sudah keluarganya berantakan, hidupnya gak jelas karena jadi homeless, jadi tersangka pembunuhan, terus bucin sama tunangan orang lain pula. Pas reinkarnasi ternyata sama aja. Gak Gong Ji Chul gak Jong Bum semuanya sadboy di tiap eranya masing-masing. Haddehh, kalau saya jadi Jong Bum, kayaknya mending cari yang lain saja. Capek woi liat Jung Sa Bin kencan di depan mata sendiri. Kisah sadboy dari Jong Bum juga didukung sama soundtrack drama Born Again yang nyesek abis. Semua lagunya itu menyayat hati sekali woiii. Ini drama memang gak punya stok lagu ceria kayaknya, sungguh sangat cocok didengarkan oleh para pasukan ambyar.

Nah, terus yang jadi plot twist dari kisah cinta segitiga ini ialah ternyata si mbak Sa Bin ujung-ujungnya naksir juga sama mas Jong Bum.  Bagaimana para netizen di sosial media gak jengkel sama mbak Sa Bin kalau dua-duanya mau dibungkus. Mbak Sa Bin ini terlalu plin plan jadi cewek. Satu ya tetap satu aja mbak, jangan rakus kwkwkw. Tapi ya kalau saya jadi mbak Sa Bin, kayaknya saya juga bakal dilemma mau pilih siapa. Jaksa Kim yang pintar dan berkarisma atau sama Jong Bum yang manis itu.  Selain mbak Sa Bin, writer nim drama ini juga kena sambat sama netizen. Tim kapal jaksa Kim dan Jung Sa Bin gak terima kalau Jung Sa Bin harus happy ending sama Jong Bum. Tapi benar juga sih, jaksa Kim punya banyak effort di drama ini. Di masa lalu sampai masa sekarang doi tetap setia sama Jung Sa Bin. Masa endingnya Jung Sa Bin lebih milih Jong Bum hanya gara-gara rasa simpati akan kehidupan suramnya Jong Bum. Terus kamu anggap apa jaksa Kim selama ini mbak? 

Sejujurnya, drama ini adalah salah satu drama yang bikin saya mau stop nonton pas pertengahan episodenya tapi bikin nagih buat dilanjutin terus gara-gara penasaran. Ada banyak scene yang menurut saya harusnya gak usah ada. Beda saat di awal-awal episode yang ceritanya benar-benar lambat jadi kita juga benar-benar menikmati tiap detail ceritanya. Tapi makin lama, makin banyak pula scene dadakannya. Contohnya kayak Jong Bum yang ke Amerika terus tiba-tiba balik tanpa ada scene yang menjelaskan kejadian itu. Terus ada lagi scene jaksa Kim yang kena skorsing setahun tapi juga gak terlalu dijelaskan detail ceritanya. Ya paling tidak kasih beberapa adegan lah ya soal kejadian itu biar penonton gak kaget-kaget banget sama alur yang tiba-tiba langsung main satu tahun kemudian. Adegan persidangannya Sang Ah sama Jang Hye Mi itu harusnya seru  tapi alur sidangnya malah flat aja gitu. Padahal saya sudah nunggu mereka saling serang pakai bukti.  A lot of adegan maksa memang muncul menjelang episode terakhir drama ini.    
  
Overall, cerita drama Born Again ini tuh menarik buat ditonton. Apalagi buat kalian yang suka sama genre detektif thriller misteri. Sejak awal episode kita sudah diajak mikir tentang apa yang sebenarnya terjadi, dan siapa pelaku sebenarnya. Yang bikin serunya lagi karena drama ini itu punya plot maju mundur karena ceritanya memang tentang reinkarnasi dari para pemainnya. Jadi kalian akan disuguhi cerita dari dua masa yaitu masa lalu sama masa sekarang. Pas masa reinkarnasi, penonton jadi dibikin bingung lagi sama pemain-pemain baru yang bermunculan. Kita diajak main tebak-tebakkan lagi. Pokoknya ini adalah tipe drama yang akan mengasah otak Anda kembali. 

Nah, kalau menurut kalian bagaimana? Apakah kalian puas dengan ending Born Again? Kalau saya sih tidak, endingnya gak jelas dan terkesan maksa sekali.  Alurnya kurang rapi menurut saya, padahal ceritanya menarik.

22 comments

  1. Hehehe, iya sih, plotnya gak rapi. Banyak logika yang loncat-loncat. Ha Eun, eh Sa Bin plin plan. Gak jelas dia suka ke mana. Kalo suka sama So Hyuk ya harusnya keukeuh ya. Toh soal keluarganya kecelakaan juga bukan So Hyuk yang salah. Gak sengaja.

    Aku suka endingnya, soalnya memang sejak awal kasian banget dengan Gong Ji Chul. Kepengen dia bahagia. Menderita sejak kecil. hehehehe...

    ReplyDelete
  2. Mbak Nia tim Jung Sa Bin sama Jong Bum nih hehe

    ReplyDelete
  3. Duuuh mbaaa, pas baca kesimpulan trakhir kalo endingnya ga jelas dan maksa, jujur aku lgs batal nonton huahahahaha. Aku tipe yg nyari happy ending, dan kalo bisa jgn terlalu ribet juga :D. Biasanya kalo ttg ReinKarnasi aku suka puyeng ngikutin alurnya :D. Masalah selera sih yaaa.

    Tp ini lah kenapa aku suka baca review dari para suhu drakor.jd bisa mutusin mana yg mau aku tonton :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba tak mengapa mbak, drama ini lumayan melatih kesabaran dan emosi loh, bagus untuk kesehatan kwkwkw

      Delete
  4. Maless bgt sama endingx, bikin kecewa. Untuk jaksa kim di tggu drama slnjutx. Love you

    ReplyDelete
  5. Saranghae jaksa Kim/ detektive Cha Hyun Bin

    ReplyDelete
  6. jadi bang ki yong sama sa bin nggak kak? kasian aku tu liat dia disini. nggak kuat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Endingnya Bang Ki yong sama Sa bin kayakx jadian tp masih ngegantung sih.

      Delete
  7. Bagus plot dan alurnya..mnrtq adil sih..d msa lalu kim dg ha eun..dan d msa lalu itu ji chul berdoa d msa depan dia bs seberuntung hyung bin yg mndpt cinta ha eun..dan ternyta ..reinkarnasi ha eun memiliki cnta untuk jong bum...dan knp sa bin tdk menerima cinta kim..krn jk dia mnerima kim..mka kenangan kematian ortunya akn selalu membyangi..selain itu .d msa kini..bkn lagi ha eun yg hidup..mlainkn sa bin yg ternyta hati nya untuk jong bum...

    ReplyDelete
  8. Aku baru kelar nonton nya, sountrack nya bagus yaaa, ending juga oke, cinta itu pengorbanan itu yang di tunjukkin Jong bum / ji Chul, ha eun memang cinta jaksa Kim, tapi itu hanya di ingatan sa bin, di masa skr, mbak Sabin lebih memilih Jong bum, orang yg selalu ada, dan berkorban buat dia.

    ReplyDelete
  9. Review nya kurang detail si.. Di akhir cerita Sa bin suka sama jung boem krna simpati? Liat lagi eps terakhirnya dari kehidupan sblumnya hingga yg khidupan yg baru yg slalu menemani dan berkorban juga setia mncintai siapa ? Itu aja sa bin bisa mnyimpulkan dan memilih pada siapa hatinya berlabuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaksa Kim juga banyak berkorban kok, tapi ya mungkin ini masalah bias aja sih. Saya memang penumpang kapalnya Jung Sa Bin sama Jaksa Kim sejak awal.

      Anyway, terima kasih sudah mampir di blog saya πŸ˜‰

      Delete
  10. Mengkesal bgt bund,kek seenggaknya klo mau ending nya sama mas jung boem kek gosah nampilih mas jaksa bawa2 bunga trus ngeliat mereka dua2an napeeeee KEJAM SEKALI WEHHHH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Scene terakhir malah sa bin sama jaksa Kim ada di kuburan...mungkin kuburan Jung Boem. Krna sebelumnya diperlihatkan Sa Bin menangis di kamar ICU krn Jung Boem meninggal akibat trauma Luka tembak di kepalanya itu

      Delete
  11. Asliiii bundddd, menggemesss bangett ini writer nimnya

    ReplyDelete
  12. Drama ini kan berujung sad ending. Jung Boem ingatannya tdk kembali, lalu msk rmh sakit lagi krna operasi yg terakhir gagal, hingga akhirnya meninggal disakaikan Sa Bin. Apalagi scene terakhir Sa Bin & jaksa Kim ada di kuburan...mungkin kuburan Jung Boem. Penafsiran saya jdnya Sa Bin jd terima donor jantung milik Jung Boem. Pd akhirnya balikan lg ke jaksa Kim. Jd sbnrnya tim Jung Boem yg harusnya bersedih, krna jagonya di 2 kehidupan yg berbeda waktu itu sama2 berujung tragis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kuburan mereka berdua ad d scene nggatau episode berapa. Wkwkk, kuburan nya jung ha eun sama cha hyung bin

      Delete
  13. Aku emang berharapnya sama Jung Boem, soalnya dikehidupan sebelumnya kasian dia ga sempet ngejelasin ke si cewe karna si jaksa muncul. Terus dimasa lalu (jangkiyong) ngebunuhnya juga ga sengaja. Masa iya dikehidupan reinkarnasi nya mau jadi sadboy lagi.. ya gantian lah, toh yang jatuh cinta dulu di tahun 1980an juga si (jangkiyong).

    ReplyDelete
  14. Wah tim Gong Ji Chul nih, anti sadboy club hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga di tim gong ji chul sih. Wkwkwk 🀣 soalnya sih jaksa kim d drama jg agak sedikit jahat ya. Dia emg khawatir dan sayang sama sa bin tapi kelihatan jelas didramanya dia peranin emg benci bngt sama jong beom karna jb suka sama sa bin trus scene mncari pelaku pembunuhan jg bersikeras kalau jong beom pelakunya , pkokny ga d kasi kesempatan mah si jongbeom. Mana nembaknya d kepala lagi 🀣 jichul lagian ud sad boy d awal, jadiin happiest boy d akhir okelah. Wkwkkw

      Delete
  15. di lihat dari orang” yg coment… pada mentingin cinta yg lama ketimbang pengorbanan.. pantes cewek” sekrang otaknya pada hangπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete