7 Tips Jual Beli Rumah Online Secara Aman

Jual Beli Rumah Online

 

Era teknologi digital semakin banyak dimanfaatkan oleh berbagai jenis kalangan. Begitu halnya bagi para pelaku bisnis di bidang jual beli rumah. Meskipun demikian, bisnis properti online juga bisa menimbulkan risiko penipuan loh.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan kegiatan jual beli rumah secara online, pastikan untuk mempertimbangkan beberapa tips berikut.


Menggunakan Platform Jual Beli Rumah Terpercaya

Jika sedang ingin melakukan jual beli rumah secara online maka ada baiknya jika Anda memilih platform yang terpercaya seperti melalui platform Properti 1 

Platform ini sendiri merupakan situs properti yang memasarkan berbagai jenis rumah di berbagai lokasi strategis yang berada di sekitaran wilayah Jabodetabek. Selain lebih aman, situs jual beli rumah seperti ini juga dapat memudahkan calom pembeli dalam menemukan berbagai jenis tipe rumah, harga hingga lokasi rumah yang diinginkan. 


Memanfaatkan Pameran Properti Online yang Tepercaya

Anda juga bisa memanfaatkan pameran properti online yang semakin banyak diselenggarakan oleh para developer, bank hingga situs properti. 

Lewat pameran properti online, Anda bisa memilih berbagai jenis dan tipe rumah dari para pengembang yang kredibel dan terpercaya. Selain itu, kegiatan seperti ini juga sering menghadirkan lebih banyak diskon dan promo yang menarik. 


Memilih Agen Properti yang Terpercaya 

Setiap platform jual beli rumah online tentulah memiliki agen properti. Namun, pastikan untuk mengecek kredibilitas agen properti tersebut lebih dulu sebelum bertransaksi. Hal ini dilakukan untuk menghindari oknum-oknum yang dapat merugikan Anda. 

Ceklah review dari orang-orang yang telah melakukan transaksi jual beli rumah lewat agen properti yang bersangkutan. Umumnya, agen properti profesional akan melampirkan informasi diri mereka secara lengkap dan jelas. Berbeda dengan agen yang kurang terpercaya di mana mereka akan mencantumkan informasi diri secara serampangan. 


Jangan Mudah Tergiur Harga Murah

Sebelum membeli rumah, Anda juga wajib mengecek harga yang ditawarkan oleh platform online tersebut. Jangan tergiur dengan harga yang terbilang murah. Pasalnya, beberapa oknum kadang mengecoh pembeli dengan mencantumkan harga per meter tanah saja dan bukan harga rumah secara keseluruhan. 


Meninjau Ulang Rumah yang Diinginkan

Agar lebih meyakinkan maka tak ada salahnya untuk mengecek fisik rumah yang diinginkan secara langsung. Anda bisa melihat lokasi rumah dari informasi yang ditampilkan pada situs jual beli rumah online. 

Jika memang tak memiliki banyak waktu, silahkan meminta agen properti untuk melakukan open house lewat video call. 


Menanyakan Detail Rumah dengan Cermat

Sebagai seorang calon pembeli rumah, Anda juga patut mengajukan pertanyaan secara lebih mendetail kepada agen properti tentang rumah yang akan dibeli. Anda bisa menanyakan soal kondisi rumah, apakah rumah sudah siap huni atau belum hingga urusan luas ruas jalan yang tersedia. 

Hal ini penting dilakukan agar tak terjadi miss komunikasi antara calon pembeli dan calon penjual rumah. Dengan begitu, Anda pun akan lebih aman dan nyaman saat menghuni rumah tersebut. 


Mengecek Legalitas Properti saat Beli Rumah Online

Banyak pembeli rumah kadang melupakan langkah yang satu ini. Padahal, mengecek legalitas rumah termasuk bagian terpenting saat membeli rumah. Jangan sampai sertifikat yang Anda dapatkan nantinya hanyalah berupa hak guna bukan hak milik. 

Pastikan pula jika rumah yang Anda beli tidak termasuk ke dalam kasus sengketa lahan. Hal ini justru hanya akan menimbulkan risiko kerugian bagi Anda, apalagi jika telah melakukan pelunasan. Untuk mengetahui status legalitas rumah yang dibeli, maka Anda bisa mengeceknya lewat nomor sertifikat pada aplikasi BPN. 

Nah, demikianlah beberapa tips penting yang perlu Anda perhatikan saat melakukan kegiatan jual beli rumah secara online. Semoga tips di dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.


No comments