Mengenal 7 Jurusan Langka di Tanah Air, Tertarik?


Kebutuhan industri yang semakin meningkat mendorong beberapa instansi dan juga kampus-kampus untuk membuka jurusan langka yang terbilang unik. Di tanah air sendiri terdapat beberapa jurusan anti mainstream bahkan hanya ada satu-satunya di Indonesia. 

Kira-kira apa saja yah jurusan yang termasuk langka di tanah air ini? Yuk, langsung saja kita bahas lewat ulasan berikut?


Aktuaria

Meskipun telah hadir sejak tahun 2017 silam pada beberapa kampus top Indonesia seperti IPB, UI, UGM dan ITB, program studi Akturia pada dasarnya masih awam bagi masyarakat umum. Jurusan yang satu ini juga sering disebut-sebut sebagai jurusan perpaduan ilmu Matematika dan Asuransi. 

Di dalam program studi Aktuaria sendiri terdiri atas bidang ilmu Matematika, Statistika, Algoritma, pemrograman, Akuntansi, Ekonomi, Manajemen hingga ilmu terkini seperti Data Science dan Big Data. Para alumni jurusan Aktuaria memiliki prospek kerja yang sangat bagus. Kalian bisa bekerja di lingkungan pemerintahan maupun lembaga non pemerintahan. 


Data Science

Data science termasuk jurusan langka yang paling dicari di masa yang akan datang. Kemajuan industri teknologi dan digital hari ini membuat banyak perusahaan dan lembaga mencari para Data scientist. 

Data science sendiri berfokus pada hal-hal yang berkaitan erat dengan data komputer. Oleh sebab itu, para mahasiswa jurusan ini nantinya akan berkutat dengan pengumpulan dan analisis data, ilmu statistika, data wrangling, transformasi data serta beberapa bahasa pemrograman komputer. 

Lulusan jurusan Data Scientist bisa berprofesi sebagai data scientist, data analyst, data engineer, maupun arsitek big data. Adapun beberapa kampus yang telah menyediakan jurusan ini di antaranya ialah Binus, Universitas Airlangga, Universitas Nusa Mandiri, Universitas Teknologi Yogyakarta dan Universitas Katolik Parahyangan. 


Artificial Intelligent (AI)

Sejauh ini, prodi Artificial Intelligent (AI) baru tersedia pada Universitas Airlangga. Memilih jurusan ini berarti kalian harus bersiap untuk berhadapan dengan ilmu sains dasar seperti Matematika dan Fisika. Selain itu, para mahasiswa jurusan AI juga akan mempelajari ilmu algoritma, pemrograman, jaringan komputer hingga sistem siber-fisik. 

Semakin naik semester, para mahasiswa juga akan semakin mendalami ilmu desain dan aplikasi robotika, kecerdasan buatan dan integrasinya, metodologi penelitian, kewirausahaan dan ilmu komunikasi profesional. 

Prospek jurusan AI termasuk luas, sebut saja menjadi tenaga ahli otomasi industri, tenaga ahli AI, tenaga ahli robotika, ahli embedded system, ahli pengembang software, hingga bekerja di lembaga riset dan pengembangan. 


Teknik Nuklir

Jurusan Teknik Nuklir juga menjadi salah satu jurusan anti mainstream di tanah air. Tak heran jika banyak calon mahasiswa tertarik dengan program studi langka ini. Namun, menjadi mahasiswa Teknik Nuklir tidaklah mudah, pasalnya kalian wajib memahami ilmu Fisika dan Matematika. 

Universitas Gadjah Mada termasuk kampus satu-satunya yang menawarkan jurusan Teknik Nuklir. Para lulusannya memiliki jenjang karir yang sangat terbuka lebar bahkan hingga di luar negeri. 


Manajemen Industri Katering 

Jika kalian memiliki minat dalam industri katering maka cobalah melanjutkan pendidikan pada jurusan Manajemen Industri Katering yang disediakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia. Program studi ini sendiri memiliki beberapa program kompetensi seperti perencanaan, pengelolaan, pemasaran hingga manajemen operasional katering. 


Teknologi Batik

Pekalongan tak hanya populer sebagai kota penghasil kain batik terbesar di tanah air. Di kota ini juga terdapat jurusan Teknologi Batik yang tersedia di dalam Universitas Pekalongan. Sejak tahun 2012 silam, kampus ini telah membuka prodi Teknologi Batik. 

Sesuai nama jurusannya, program studi Teknologi Batik secara keseluruhan memang berfokus pada keterampilan dasar hingga madya dalam membatik. Para mahasiswa Teknologi Batik diharapkan mampu menjaga dan melestarikan batik yang merupakan warisan budaya tanah air. 


Sains Atmosfer dan Keplanetan

Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan merupakan jurusan langka yang hanya ada satu di Indonesia. Jurusan ini bisa kalian dapatkan pada Institut Teknologi Sumatera. Meskipun berada di luar Jawa, prodi juga menarik perhatian mahasiswa luar Jawa loh. 

Beberapa orang kerap menyamakan jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan dengan jurusan Astronomi ITB, padahal secara lebih jauh lagi, kedua jurusan ini jelaslah berbeda. Namun, untuk bisa masuk ke dalam jurusan Astronomi maupun Sains Atmosfer dan Keplanetan ini, kalian patut menguasai ilmu sains murni seperti Matematika, Kimia maupun Fisika. 

Nah, itu dia beberapa jurusan langka yang ada di Indonesia. Dari ketujuh jurusan di atas, kira-kira mana nih yang paling menarik perhatian kalian?


No comments