Death’s Game (Review)

 

Review Death’s Game



Hello Readers! Welcome back to my review board again yow! Well, memulai kembali segment ulasan drakor di blog ini rasanya memang cukup akward setelah sekian lama hiatus nonton drakor. FYI, saya tuh udah setahun lebih gak nonton drakor sama sekali dikarenakan mood nonton yang up and down melulu, terus ditambah lagi sama deadline kerjaan di dunia nyata sama maya. Tapiiiii, karena babang SEO IN GUK a.k.a bias dunia akhirat saya comeback dalam drama fenomenal Death’s Gameof krosss saya wajib dong nonton doi.  


Yahh, I know saya super telat nge-review drama populer akhir tahun 2023 dan drama hits awal tahun 2024 ini. Namanya juga gak punya waktu dan mood buat fokus nonton yeeekan, jadinya drama ini baru bisa saya nonton di bulan Maret ini. Perjuangan buat menghindari spoiler di X/Twitter, Youtube sampai TikTok bener-bener asli bikin gregetan sih. Bayangkan, betapa kuatnya iman saya menjauhi pesona namja-namja kece di drama Death’s Game ini. Mana potongan jedag-jedug TikTok pasang muka tamvann mereka semua lagi. Pusing kan gue! Siapa suruh sok-sokan puasa drakor!

 

Lah! Terus kenawhy baru sekarang bahas dramanya? Ya, soalnya baru di bulan Ramadhan ini juga saya punya waktu dan mood yang lagi positif-positifnya buat nonton drakor. Selama gelut sama kerjaan dan tugas negara setahun belakangan ini, saya tuh udah janji sama diri sendiri, pokoknya saya wajib nonton Death’s Game sebagai drakor perdana saya setelah hiatus drakor berkepanjangan.

 

Gak cuma itu, nonton drama ini di bulan puasa kayaknya memang pas banget sama plotnya. Selain mencari pahala dan berkah sebanyak-banyaknya, nyambi maraton Death’s Game di bulan puasa juga benar-benar membuat kita untuk sering-sering ingat tentang kematian. Ya meskipun alurnya tentang kisah seseorang yang depresi sama hidup terus lebih memilih buat suicide, selama nonton drama ini tuh, saya memang benar-benar diingatkan dan dikuatkan untuk tetap bertahan hidup seberat apapun beban yang mesti dilalui. 

 

Pantes juga sih drama genre fantasi campur thriller ini ngehits banget. Selain karena diperankan sama aktor-aktor classy, ceritanya juga memang relate banget sama kehidupan banyak orang, termasuk saya sendiri. Anyway, saya kan rencananya mau review drama Death’s Game ini nih, tapi kayaknya kalian udah lebih tahu, paham, dan hafal banget deh soal plot sampai semua karakter 12 tokoh yang jadi wujud reinkarnasinya Seo In Guk di dalam drama ini. Ya pasti lah, wong nih drama udah tayang beberapa bulan lalu, reviewnya aja udah sliweran melulu tuh di TikTok. Ya emang sayanya aja yang telat ngehype drama ini ckckc.  Jaadiiiii, tulisan saya kali ini gak usah terlalu detail banget yah bahas setiap karakter sama cerita di tiap episodenya hehe. Pokoknya, kalian nikmatin aja lah yah uneg-uneg saya tentang drama ini. Mumpung saya lagi on fire ini kambek ngedrakor setelah sekian lama.

 

Ok, langsung aja saya mau bahas soal pemilihan cast dan masing-masing perannya. Pertama, saya mau sungkemmm dulu sama produser dan konco-konconya karena udah nyatuin dream pairing saya yaitu Seo In Guk dan Go Youn Jung. Gilaaa visualnya silauuuu beuttttt ya Rabb! Kedua, finally saya bisa lihat Kim Jae Wook muncul jadi tukang jagal lagi. Kangenn banget liat pesona pria matang gue yang satu ini bisa mainin karakter psikopat macam di The Voice. Para penggemar drakor The Voice banyak tuh yang pengen liat Kim Jae Wook main di season The Voice berikutnya. Karisma tukang jagal manusia ini tuh emang bikin oleng yes 👏. Intinya, semua cast di drama ini tuh asli sih serbuk berlian semua. Aktingnya juga bukan kaleng-kaleng yeroubun! Pantess, netizen dilema sendiri ngebandingin semua karakter reinkarnasinya Seo In Guk, soalnya emang sepecah itu akting mereka. Durasinya tiap castnya emang gak terlalu panjang, tapi karakter mereka benar-benar berkesan dan nempel banget di kepala orang-orang. Belum lagi tiap kisah yang mereka jalani, duhhh ngena banget sampai ke palung mariana cuy. Capek saya nangis kejer sambil tahan suara mewek tiap nonton episodenya 😭

 

Nah, poin penting yang bikin saya semangat ngereview drakor ini setelah sekian purnama kagak bacotin drakor di blog tuh ya karena esensi dari ceritanya. Bayangin, kamu dikasih kesempatan hidup selama 12 kali dalam tubuh orang yang berbeda-beda dan harus melanjutkan hidup dari setiap perjalanan hidup mereka yang tentu juga berbeda-beda. Dannn tentu saja, tiap tokoh ini punya masalahnya masing-masing yang mau gak mau harus dijalani sama  Choi Yee Jae. Saya aja sebagai penonton capek banget liat Seo In Guk habis mati terus hidup lagi berulang-ulang kali. Mana kisah tiap reinkarnasinya nyesek abis pula. Bayangin si Yee Jae hidup di tubuh seorang model sekaligus pemilik dan pelayan kafe bernama Jang Gun Woo yang sering dikunjungi oleh si Ji Soo yang merupakan kekasih dari Yee Jae semasa hidupnya. Secara relationship sih masih tetap jadi pacarnya Yee Jae tapi kan udah beda alam. Gimana tuh rasanya mencintai seseorang lintas alam plus lintas tubuh pula. Gimana gak meronta-ronta tuh perasaannya si Yee Jae di dalam tubuhnya Gun Woo. Mana pas confess soal perasaan sama jati dirinya sama Ji Soo, dua-duanya pada mati konyol pula. Emang brengsek si Park Tae Woo tuh! 

 

Yang bikin makin seru dari Death’s Game ini ya karena ternyata tiap reinkarnasinya itu relate sama si Park Tae Woo yang jadi pemain antagonist di dalam drama ini. Kita tuh sebagai penonton dibuat makin penasaran juga soal gimana nih cara Yee Jae balas dendam sama Park Tae Woo lewat jalur reinkarnasi. Konflik di episode lima ke atas drama ini asli sih bikin deg-degan parah. Rasanya pengen banget langsung liat episode akhirnya. Sampe-sampe si Yee Jae udah kebal tuh ditembak berkali-kali sama si Death (Park So Dam). Ya sama kayak penonton, Yee Jae juga gak sabaran buat ngebantai si Park Tae Woo di kehidupan selanjutnya. 

 

Tapi ya, dibalik semua plot yang epic dan cast yang keren ini, pesan dari Death’s Game ini sendiri dalem banget tau. Buat kalian yang sedang capek sama hidup dan pengen banget cepat-cepat mengakhiri hidup, plisss banget, kalian harus tetap bertahan hidup. Ya, saya bukan motivator yang cukup baik juga sih buat ngasih petuah dan quotes untuk orang-orang yang kena depresi berat. But if I have a chance to speak, I just want to say that, there are some people who love and care to you INDEED. Sayangnya, orang-orang yang udah kena mental dan punya niatan suicide ini udah sulit banget mengenal afeksi dari orang-orang di sekitarnya. Ya sama kayak Yee Jae, doi terlalu fokus sama kegagalan-kegagalan beruntun yang dia hadapi terus lupa kalau dia masih punya ibu dan kekasih yang sayang dan banggaaaaa banget sama dia. 

 

So, buat siapapun yang baca artikel review drakor Death’s Game berkedok nyambat dan curcol ini, pliss banget untuk tetap sayang sama diri kalian. Suicide doesn’t kill your pain tapi malah nambah rasa sakit. Gak cuma nyakitin diri kalian tapi juga nyakitin buat orang-orang terdekat kalian. Bayangin deh, orang tua, keluarga, sampai sahabat kalian bakal ngerasain sakitnya kehilangan orang yang mereka sayang dengan cara yang paling menyakitkan juga. Dan itu bakal menjadi memori yang sulit buat dilupakan. Jadi, jangan ngasih beban ya ke orang-orang terdekat kalian. 

 

Mungkin ada juga yang pengen suicide karena pada kenyataannya mereka sadar kalau udah gak ada lagi yang benar-benar peduli sama mereka. Tapi ya sama aja cuy, kalian juga ngasih beban ke orang-orang yang nemuin dan ngurus mayat kalian. Pasti mereka juga kena mental lah liat mayat hasil suicide yang beraneka ragam dan rupa itu. Ceritanya nih para nakes tuh mau istirahat dan quality time eh tapi dapat calling buat ngurus mayat suicide. Belum lagi kalau yang nemu tubuh dengan format bervariasi itu tuh anak-anak, remaja, ataupun orang dewasa yang sekedar have fun aja. Eh tau-tau dikasih surprise mayat suicide di tengah jalan atau mungkin di tempat sepi lainnyaGimana mereka gak tambah kena mental.

 

Jadi, akan lebih baik jika keinginan buat segera mengakhiri hidup itu disingkirkan jauh-jauh deh, seriously! Kita tuh sama-sama manusia yang capek kok sama hidup. Proses dan alurnya aja sih yang beda. Ada yang kesulitan dapat kerjaan, kena masalah ekonomi, keluarga yang hancur, circle yang toxic, bad relationship sama pasangan, dan masih banyak lagi faktor-faktor yang menjadi alasan buat suicide. Bener tuh kata quotes di drama Death’s Game yang bilang kayak gini;


Manusia selalu berjuang untuk hidup hanya setelah mereka mati, bukan saat mereka masih hidup 



Nah, selagi masih hidup, yuk kita cari alasan sekecil apapun untuk melanjutkan hidup. Gak usah pusing nyari yang namanya kematian, karena pada akhirnya kematian juga yang akan mencari dan menemukan kita. Mau ngumpet dan menghindar dengan cara apapun kalau udah waktunya, pasti bakal meet up juga kok sama yang namanya death. 


By the way, ulasan drakor Death’s Game ini udah jadi macam tauziah Ramadhan deh kayaknya. Daripada review saya melenceng jauh dan malah jadi ceramah, saya closing ajalah tulisan saya soal drakor ini. The last but not least, marilah kita muhasabah diri untuk menjadi lebih baik mumpung kita masih dikasih hidup sama Tuhan. Ingat, kalian tuh bukan Yee Jae yang bisa dikasih kesempatan buat hidup berkali-kali. Dikira nyawa itu macam give away beruntun kali dari Tuhan, rugi dong 😆

 

No comments