The Light in Your Eyes (Review)


The Light in Your Eyes Review


Di tahun 2019 ini ada banyak sekali drama Korea baru yang bermunculan. Saya sampai bingung mau nonton yang mana. Padahal sejak Januari kemarin TL saya sudah penuh sama spoiler-spoiler drama-drama seru dari netizen. Setelah cek per cek semua drama on going a.k.a baca synopsis, liat teaser, plus kepoin pemainnya eh saya malah tambah bingung lagi mau nonton yang mana duluan. Ujung-ujungnya sampai drama-drama tersebut the end pun saya belum ada niatan sama sekali untuk nonton. To be honest, semua drama Korea itu seru. Drama Korea bagi saya itu EXTREMELY kece, mungkin karena saking bagusnya banyak pecinta drama maupun film Korea jadi pusing mau nonton yang mana kayak saya sendiri. Dan berhubung sudah sampai Maret dan saya sama sekali belum nonton drama Korea tahun ini, akhirnya saya pun memutuskan untuk mencari sebuah drama yang berkesan sebagai drakor opening 2019 saya. Ada banyak genre drakor yang berkeliaran, mulai fantasy, romance, crime dan lain sebagainya. Bisa dibilang tahun 2018 kemarin saya kebanyakan nonton drama romance plus crime yang berat-berat itu so, untuk mengawali tahun ini saya mencoba untuk mencari drama genre yang berbeda dari sebelumnya.

Setelah lelah ubek-ubek drama di berbagai web drama, saya kembali ke twitter buat baca-baca koment netizen tentang drama seru tahun ini. SKY Castle dan The light in Your Eyes memang paling trending topic menurut mata pertwitteran saya. Dua drama rekomendasi bacotan netizen di twitter ini akhirnya menjadi bahan pertimbangan saya. Dan kemudian setelah menimbang-nimbang beban cerita, pemain, dan tentunya review netizen, pilihan saya pun jatuh kepada The Light In Your Eyes. Kenapa bukan SKY CASTLE? Karena Nam Jon Hyuk sama Ha Ji Min maennya di The Light in Your Eyes. Hehe, iya saya penasaran sama ekting mereka di sini. Apalagi setelah baca komen-komen orang yang katanya drama ini anprediktibel dan bikin mewek. Hmmm, sejujurnya saya sudah lama nggak nangis tengah malam gara-gara drakor. Saya juga sudah lupa drama apa yang terakhir kali membuat saya kehabisan tissue. Because of those reasons, I prefer to watch The Light in Your Eyes. Saya mau penyegaran jiwa lewat nangis-nangis dulu kayak orang habis pengakuan dosa.

Sebenarnya drama ini sudah tayang sejak Februari awal dan habis waktu tanggal 19 Maret kemarin. Saya pun nontonnya pas drama ini sudah the end, jadinya cuma marathon dua malam. Ok, well, yang membuat saya tertarik buat nonton drama ini itu sebenarnya bukan hanya soal pemain-pemainnya tapi juga soal ceritanya yang bikin saya penasaran. Drama ini sendiri berkisah tentang seorang wanita yang berusia 25 tahun yang tiba-tiba mendapati dirinya menjadi wanita berusia 70 tahun karena sebuah arloji. Yup, Han Ji Min yang berperan sebagai Kim Hye Ja versi muda di drama ini mampu mengubah waktu lewat sebuah arloji. Awalnya saya mengira kalau drama ini itu tentang fantasy semacam Secret Garden, Gomiho dan sejenisnya itu, eh ternyata drama ini benar-benar jahannam dengan beraneka plot twitsnya itu pemirsahh. Banyak yang bilang episode 10 sampai 12 dari drama ini bikin nangis sesegukan but—BIG NO for me. For your information, saya sejak episode 1 sampai 12 nangis terus malahan. Atau mungkin saya yang terlalu mellow dan cengeng kali yah. Intinya selama nonton drama ini itu benar-benar penyegaran untuk mata dan batin saya. Dialog-dialog dalam drama ini benar-benar deep dope untuk saya. It was really touching me sooo much! Tidak hanya itu, drama ini juga komplit sekali dengan scene lucu absurd-nya. Bayangkan saja kalau kamu seorang perempuan yang berusia 25 tahun lalu harus menjalani kehidupan bersama keluarga dan teman-teman seusiamu dengan tubuh yang tiba-tiba menua. Kim Hye Ja ini benar-benar nenek-nenek millennial di drama ini and that’s the most interesting part I think.

Awalnya saya menganggap drama ini itu memang biasa saja, cuma kisah seorang wanita yang menjadi tua karena memutar waktu dan kemudian menjalani kehidupan sehari-harinya. Nam Jon Hyuk jatuh cinta sama Kim Hye Ja muda,  Kim Hye Ja jadi tua terus Nam Jon Hyuk tidak mengenalinya, lalu Kim Hye Ja berhasil memutar waktu kembali dan akhirnya hidup bahagia selamanya bersama Nam Jon Hyuk.  Happy ending. Ya, sebenarnya ini plot amatiran versi saya.  Writer nim langsung ngomong “tidak semudah itu, Ferguso,” Dannn faktanya memang demikian sodarahh, saya totally speechless nonton drama ini. Writer nim-nya kece badai lah mengoyak-ngoyak perasaan. Harus saya akui kalau ekting Nam Jon Hyuk di sini adalah ekting terbaik, termelting, dan tergagahnya sejauh ini di mata saya. Karakter doi di sini juga yang bikin saya makin kehabisan tissue nonton drama ini. Belum lagi alur anprediktibelnya yang bikin susah tidur.  Yakinlah saat memasuki episode 10, akan ada banyak kalimat, “Loh kok?”, “Ini kenapa begini”, “Dia siapa?”, dan Boommm, kalian akan mulai berspekulasi sendiri terhadap endingnya.

Saya sarankan sedia tissue banyak-banyak lah sebelum nonton drama ini. Ceritanya terlalu menusuk-nusuk hati soalnya. Tak lupa, ada banyak pelajaran hidup yang saya pribadi ambil dari kisah nenek Hye Ja di drama ini. I am serious! Bagi seseorang yang diberi rezeki untuk berumur panjang, menjadi tua adalah sebuah keniscayaan. Ada banyak hal yang harus kita hadapi saat menemui masa itu. Menjadi pikun, beruban, lelah, sakit-sakitan, hingga yang paling menyakitkan adalah diabaikan dan dilupakan oleh orang-orang sekeliling kita. Untuk kalian yang masih muda apalagi sedang menghadapi beban kehidupan kayak saya. Dilema, terombang-ambing tak karuan di dunia ini, please watch this drama. It’s a superb worthy drama in 2019. Trust me! Kisah nenek Kim Hye Ja akan menampar masa muda kalian. 

14 comments

  1. waaaaa.... belum ada yang merekomendasikan drama ini dan aku baru baca rekomendasimu sekarang. udah muncul belum ya di viu? penasaran. viu atau rakuten atau dramakorea.com; kayaknya harus ngubek2 deh. aku nggak terbiasa nonton drakor selain ke 3 channel ini soalnya.

    ReplyDelete
  2. Di viu udah ada kok, cusss nonton πŸ˜„, jangan lupa tissuenya 🀧

    ReplyDelete
  3. Gara-gara nonton Coffee Friends jadi googling siapa itu Nam Joo Hyuk karena kayaknya bersinar sekali, ehh ternyata dia main di judul drama yang emang udah rame direkomen netizen juga di story IG. Baeklah, mari kita nonton ini besok siang (:

    Thank youuu rekomendasinya ya!

    ReplyDelete
  4. Aku setuju sih sama pendapat Kaka, jujur dari eps 1-12 nangis terus kadang merasa lucu jg SMA akting kakanya si Kim Hye Ja. Tapi kebanyakan sedih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. 12 episode udah bikin mata sembab gimana kalau 16 episode yah 😒

      Delete
  5. Nam joohyuk sarangeeee♥️♥️ btw baru nonton sampe eps 8. Mau download gaada link yg bisa😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduww kegantung banget tuh pas episode segitu, di fb banyak link berkeliaran chin

      Delete
  6. Setuju sih aku jga mewek bnget smpe mata aku bengkak. Ini sekedar flashback aja sih soalnya aku jga udh nntn dri thn lalu krna main castnya ayang beb joohyuk hehe tpi smua cast dan ceritanya emang keren sihh susah jlsinnya gmn krna bgs bget. Pas nntn drama ini aku kadang suka nyesel klo suka gak nurut sma kakek atau nenek aku istilahnya dri drama ini kan nyeritain bnget what is like to be old people gitu loh jdi mulai ngerti apa yg mereka rasain. Recommended bangetlah pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Drama yang bikin sadar diri kalau apapun yg terjadi kita bakalan menua juga huhu

      Delete
  7. Ak mnta maaf klo terbilang sangat telat nonton drama ini. Miyaneee πŸ™πŸ½πŸ˜ akhirnya nnton Bru THN ini krna emang ngefans Ama Nam Joo Hyuk dan cari2 drama dia yg lain. tapi asliik ak cuma pengen tnya 1 hal. Jdi plot twist nya adl Hye Ja muda ini ternyata adl hayalan si nenek Hye Ja (yg Alzheimer)gtu kah?? Aslinya anak dr pasangan ibu2 salon n bapak pincang hanya 1 anak nya cowok di real life gtu ? Gak punya anak cewe kan ya ? Hye Ja muda hanyalah halusinasi nenek Hye Ja yg menderita alzheimer gtu kan ya ? πŸ₯ΊπŸ˜’ Smoga ada yg bantu jawab 😒πŸ₯ΊπŸ™πŸ½krna ak Uda sediiih sepanjang 12 episode tapi ada yg ganjel jngan Ampe penasaran berkepanjangan . Kamsahamida chingu πŸ™πŸ½

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe gak usah minta maaf kok chingu, nonton telat juga gak apa2 yg penting tetep nonton.

      Wah, berhubung aku dah lama nontonnya, aku jadi lupa2 ingat nih sama plotnya.
      Kalau seingatku nih yah, bapak2 pincang itu tuh anaknya Hye Ja dan istrinya adalah menantunya Hye ja. Kehidupan di panti jompo kayaknya sebagian besar memang halusinasinya Hye Ja.

      Delete
  8. Bener banget! Ep 11 sampe 12 tuh kek apa bngt sihh, bikinn sedihh dan terharu bgt plot twist juga! Tapi seneng dapet pelajaran berharga dari ini. Semangat!!

    ReplyDelete