Wednesday, 15 May 2019

Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa



Selamat memasuki hari ke 10 Ramadan para readers sekalian! Menuju pertengahan bulan Ramadan ini saya akan kembali memberikan beberapa tips selama berpuasa. Dan untuk hari ini saya akan membagikan beberapa cara untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa.

Sebelumnya, tahukah kalian mengapa mulut kita berbau selama berpuasa? Dikutip dari Kumparan, nafas kita berbau saat bulan Ramadan disebabkan oleh beberapa hal salah satunya karena saat saat berpuasa kita tidak boleh minum sehingga mulut kita pun lebih mudah menjadi kering dan air liur di dalam mulut kita pun akan berkurang. Menurut pakar kesehatan, ludah kita berperan penting dalam menjaga mulut kita termasuk dalam menjaga kesegaran mulut. Tak hanya minum, selama bulan puasa kita pun tidak diperbolehkan untuk makan. Kurangnya karbohidrat dalam tubuh juga menjadi penyebab mengapa mulut kita bisa berbau.

Selama bulan puasa ini tentu kita sering mendapati nafas kita berbau. Bau yang tidak sedap dari mulut kita ini juga tentu membuat kita merasa kurang nyaman dan tidak percaya diri meskipun bau mulut tersebut adalah hal yang wajar selama menunaikan puasa. Sebenarnya, untuk mengatasi masalah bau mulut ini bukanlah hal yang susah. Beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menghindari atau mengurangi bau mulut saat bulan puasa bisa dengan mengurangi jumlah konsumsi kopi saat berpuasa. Seperti yang telah saya bahas di konten sebelumnya jika mengkonsumsi banyak kopi akan meninggalkan noda kuning pada gigi begitu juga dengan nafas yang tidak sedap. Untuk mencegah bau mulut saat berpuasa ada baiknya kalian mengurangi minum-minuman berkafein saat puasa.  Selain itu, usahakan juga untuk menghindari makanan-makanan yang sangat memicu bau tak sedap pada mulut seperti junk food, bawang, maupun daging. Kalian bisa menyantap lebih banyak buah dan sayuran saat sahur nanti karena selain mencegah timbulnya bau mulut, kalian juga akan lebih sehat dalam menjalankan ibadah puasa. Hal yang terpenting yang harus kalian lakukan saat sahur adalah dengan meminum banyak-banyak air putih. Seperti yang kita ketahui kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi selama berpuasa juga menjadi penyebab bau mulut tersebut.  Oh iya readers, jangan lupa juga untuk rutin menyikat gigi setelah sahur yah agar gigi kalian tetap sehat dan nafas kalian juga bisa lebih segar selama berpuasa.

Saya kira cukup demikian beberapa tips selama berpuasa pada hari ini. Silahkan diterapkan biar kalian tetap percaya diri selama menunaikan ibadah puasa. Selamat mencoba!   







0 comments:

Post a Comment