Wednesday, 30 September 2020

The School Nurse Files (Review)



Hai hai! Selamat datang kembali di review board saya para readers sekalian! Pada kesempatan kali ini saya akan mereview drama Korea The School Nurse Files yang sudah mulai tayang di Netflix sejak Jumat kemarin (25/9).  Drama ini diperankan oleh Nam Jon Hyuk yang berperan sebagai Hong In Pyo yang merupakan guru bahasa Mandarin serta Jung Yung Mi yang berperan sebagai Ahn Eun Yong yang merupakan perawat sekolah.

Drama Korea The School Nurse Files ini sendiri hanya berjumlah 6 episode hingga akhir episodenya. Karena jumlahnya yang sedikit dan durasi per episodenya juga tidak sampai sejam akhirnya saya memutuskan untuk nonton marathon saja dalam sehari. Buat kalian yang suka genre fantasi dengan alur yang agak absurd, saya sangat-sangat merekomendasikan serial Netflix yang satu ini. Biasanya, kalau nonton drama Korea dengan genre fantasi ataupun thriller mystery, di kepala saya itu penuh dengan tanda tanya kayak “Ini pelakunya siapa?” atau “Dia ini siapa sih?” Nah, pas nonton drama Korea ini, di kepala saya tiap episodenya malah ngedumel “Ini apaan sih?” pas lanjut nonton episode berikutnya dahi saya makin terlipat-lipat “Ini maksudnya apaan sih?” Tapi ya mau gimana lagi, alur yang gak jelas kayak begini malah makin seru buat dinonton, soalnya saya selalu penasaran sama ending drama bergenre fantasy macam beginian.

So, langsung saja kita ke bagian inti dari cerita drama ini. Jadi, kisah di dalam drama ini bercerita tentang Ahn Eun Yong dan Hong In Pyo yang bekerja sama untuk membasmi berbagai mahluk aneh berwujud jelly di sekolah mereka.  Di episode 1 The School Nurse Files kalian akan melihat sekumpulan Jelly beraneka rupa, ada yang berwujud manusia, ubur-ubur, gurita hingga monster. Kumpulan jelly di drama ini itu sebenarnya lucu dan menggemaskan tapi lama-lama kok bikin jijik. Apalagi jelly jenis yang lengket di badan sama yang bentuknya kayak simpul yang saling menyambung di bagian belakang kepala siswa. Nah, Jelly yang awalnya menjijikkan tersebut akan jadi lucu dan cantik dengan bentuk love warna-warni kalau dihancurin sama perawat Ahn. 

Awalnya saya kira kumpulan jelly tersebut adalah virus yang cuma bisa dilihat sama perawat Ahn. Kemudian di episode 3, saya mencoba menyimpulkan bahwa tiap jelly tersebut semacam mempresentasikan keadaan setiap siswa di sekolah. Jelly yang berwujud manusia mendeskripsikan rasa cemas atau kekhawatiran siswa, jelly yang berbentuk simpul merupakan kumpulan masalah yang kemudian menghubungkan tiap kepala siswa yang berpengaruh buruk di sekolah. Ada juga kumpulan jelly ubur-ubur dan gurita warna-warni yang sering berkeliaran di lorong-lorong sekolah tempat para siswa bermain. Terus ada juga jelly paus yang kerjanya tiap malam berenang alias melayang di atas sekolah. Jelly paus ini termasuk jelly yang paling aman soalnya tidak membahayakan dan kerjaannya cuma mondar-mandir doang di atas sekolah tiap malamnya. Jelly ubur-ubur, manusia, dan jelly simpul merupakan sekumpulan jelly berbahaya yang harus dibasmi oleh Ahn Eun Yong di sekolah. Meskipun profesinya adalah perawat di UKS sekolah, Ahn Eun Yong juga kerja sambilan sebagai penangkap jelly penganggu di sekolah. Jadi, tiap hari si Ahn Eun Yong ini kerjaanya keliling lorong sekolah membunuh jelly-jelly dengan menggunakan pedang mainan warna-warni. Terus hubungannya sama Hong In Pyo apaan? Nah, Hong In Pyo yang merupakan cucu dari pendiri sekolah sekaligus pemilik yayasan sekolah tersebut ternyata memiliki aura yang sangat bagus makanya perawat Ahn Eun Yong suka menggandeng tangannya Hong In Pyo biar bisa transfer energi. Bisa dibilang Hong In Pyo ini semacam chargeran buat mengisi dayanya perawat Ahn kalau habis membasmi jelly-jelly di sekolahan.

Saya kira drama ini itu konfliknya cuma seputaran jelly-jelly doang, ternyata di sekolah ini juga memiliki misteri lain yang berada di baseman sekolah. Konflik baru di dalam drama ini muncul ketika perawat Ahn menemukan baseman yang penuh dengan jelly berukuran gurita raksasa. Tak sampai di situ, ternyata di ujung ruangan baseman juga terdapat sebuah batu yang menjadi asal muasal berbagai kejadian aneh di sekolah termasuk kemunculan jelly-jelly berbahaya. Terus ada lagi nih guru yang namanya ribet banget kalau disebut, Mr. Mackenzie kalau tidak salah. Doi ini ternyata juga memiliki kekuatan melihat jelly tapi sebaliknya, si Mr. Mackenzie ini malah menyalahgunakan jelly-jelly tersebut dengan cara menjualnya. Jadilah si Mr. Mackenzie ini rekan kerja sekaligus musuhnya perawat Ahn di sekolah.

Di episode 4 The School Nurse Files muncul lagi jenis jelly baru yaitu jelly kutu. Demi menghindarkan sekolah dari ancaman jelly kutu ini maka muncullah seorang siswa baru yang tugasnya untuk memakan jelly kutu tersebut. Jelly kutu ini mungkin bisa digambarkan kayak serangga musiman yang bisa muncul tergantung keadaan cuaca. Karena jelly kutu muncul maka muncul pulalah pemakan jelly kutu yang kerjanya bereinkarnasi mengikuti siklus imigrasi si jelly kutu. Uniknya lagi, si pemakan jelly ini tidak memiliki pusar dan juga jenis kelamin jadi, si pemakan kutu jelly ini tidak tahu dirinya itu cewek atau cowok. Sayangnya, si pemakan jelly kutu ini hanya bisa berusia hingga 20 tahun saja. Mengetahui hal tersebut akhirnya perawat Ahn dan Hong In Pyo berinisiatif untuk mengoperasi lambung si pemakan jelly kutu ini untuk membersihkan lambungnya yang penuh dengan jelly kutu sekaligus biar usianya tambah panjang. 

Nah, pas masuk episode 5 muncul lagi deh konflik baru. Ini yang bikin dahi saya makin terlipat-lipat pas nonton drama ini. Perawat Ahn secara tiba-tiba kehilangan kekuatannya melihat jelly dan pada akhirnya memutuskan berhenti dari sekolah. Sepeninggal perawat Ahn sekolah pun makin kacau. Muncul jelly berbahaya dimana-mana. Jelly simpul di kepala siswa yang bermasalah semakin membesar. Guru-guru dan siswa jadi kena euphoria ketawa setiap harinya terkecuali Hong In Pyo karena doi memiliki gelembung yang membungkus aura tubuhnya. Karena sudah di luar kendali, pada akhirnya sekolah pun ditutup sementara waktu. Sebagai penerus yayasan sekaligus satu-satunya yang waras di sekolah, Hong In Pyo berusaha menyelamatkan sekolah dengan mengajak perawat Ahn untuk kembali ke sekolah. Perawat Ahn yang sebenarnya sudah mager berurusan sama jelly pada akhirnya bekerja sama lagi dengan Hong In Pyo. Pada malam harinya, mereka berdua pun mengunjungi sumber masalah utama sekolah tersebut yaitu pada batu di baseman sekolah. Setelah mereka membuka batu bertuliskan karakter mandarin itu tiba-tiba gedung sekolah bergetar hebat kayak gempa. Kemudian, perawat Ahn dan Hong In Pyo pun berlari menyelamatkan diri mereka keluar gedung sekolah. Dan di tengah gempa di sekolah itu, kekuatan perawat Ahn secara tiba-tiba muncul kembali.

Ya, episode terakhir di drama Korea The School Nurse Files memang seperti ini adanya. Kekuatan perawat Ahn ternyata kembali di tengah robohnya gedung sekolah. Tidak ketinggalan para bebek yang sibuk mondar-mandir bahkan saat malam hari di sekolah. Saya juga bingung bebek-bebek di sekolah ini sebenarnya jelly berwujud hewan juga atau memang bebek beneran. Ngapain juga bebek malam hari keluyuran di sekolah. Terlepas dari hal absurd tersebut, Intinya keadaan sekolah menjadi lebih baik setelah kejadian gempa malam itu. Anak-anak kembali ceria dan perawat Ahn kayaknya akan memiliki kerja sampingan lagi yaitu membantu orang tua siswa yang suka keserupan dan melihat hantu.

Well, demikianlah review The School Nurse Files yang lebih berasa kayak anime live action dibandingkan drama Korea ini. Kalau kalian mau coba jenis drama baru dan beda di antara drama on going saat ini, mungkin serial ini bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Jika sudah nonton serial Netflix ini silahkan membagikan kesan dan pendapat kalian di kolom komentar yah. See you in the next review!  


4 comments:

  1. Wah, aku juga udah nonton 2 episode nih hehe masih belom lanjut lagi karena belom sempet.

    Nonton ini awalnya juga penasaran karena yang main oke, sampe akhirnya aku baca novelnya dulu dan ternyata novelnya juga memang absurd. Buat lebih paham tentang jelly2 dan kisahnya Ahn Eun Young ternyata memang harus baca novelnya. Karena diawal novel dijelasin lengkap sih tentang jelly2

    Abis baca makin deja vu, jadi pengen cepet2 nonton sendiri deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh jadi pengennn bacaaa novelnya juga

      Delete
    2. haaii aku uda liat semuanya, suka bgt sbnrnya tp bnyak yg g kejawab kaya bentol di leher eun hyeong itu sbnrny apa, kakeknya in pyo juga masih misteri, kalau baca novelnya dimana ya?

      Delete
    3. Di Gramedia kayaknya udah dijual sejak Agustus kemarin

      Delete