Thursday, 8 October 2020

The Sound of Your Heart (Review)

 


Hai! Welcome back to my review board again readers! Berhubung masa pandemi ini belum memiliki titik terang kapan akan berakhir dan malah makin bikin mumet, maka perkenankanlah saya memberikan sebuah rekomendasi drama Korea komedi berjudul The Sound of Your Heart yang bisa menenami kalian melewati masa-masa overthinking ini. Teruntuk kalian yang sudah mulai capek nonton drama Korea dengan cerita berat dan penuh teka-teki atau drama Korea yang isinya cinta-cintaan melulu maka saya sangat-sangat menyarankan kalian untuk segera menonton drama ini. Dijamin bikin ngakak dan mampu mengurangi beban pikiran kalian di tengah situasi negara yang makin bikin banyak orang pengen pindah kewarganegaraan.  

The Sound of Your Heart ini sendiri merupakan drama komedi yang diadaptasi dari sebuah webtoon populer dengan judul The Sound of Heart. Drama ini sebenarnya juga sudah lama tayang di Netflix sejak tahun 2016 silam tapi sampai sekarang masih sering saya nonton ulang soalnya mau diulang berapa kali pun tetep biking ngakak guling-guling. Iya, drama komedi ini tingkat ngakaknya sebelas-duabelas lah dengan Waikiki season I, bedanya cuma di durasi setiap episodenya doang. Jumlah episode dan durasi di drama ini juga cukup sedikit menurut saya yaitu sekitar 20 episode di mana tiap episode cuma sekitar 15 menitan. Kalau kalian nonton semalaman kayaknya juga bakal langsung habis deh. Tapi hati-hati, jangan sampai bikin isi rumah sama tetangga kalian kebangun tengah malam gara-gara suara ngakak kalian nonton drama ini kwkwkw.

Yang menjadi daya tarik kenapa orang-orang suka sama cerita di The Sound of Your heart ini, ya karena pemainnya memang sangat mendukung isi ceritanya yang konyol. Ada Lee Kwang Soo sang pangeran Asia yang selalu bikin ngakak di tiap episodenya Running Man, kemudian ada Jung So Min, artis yang ektingnya gak usah diragukan lagi. Terus ada Kim Dae Myung yang berperan sebagai Dr. Yang Seok Hyung yang terkenal di kalangan ibu-ibu hamil di Hospital Playlist. Pokoknya karakternya yang cerdas, baik hati dan hangat itu langsung ambyar di drama ini. Kemudian gak ketinggalan ada Kim Byeong Ok dan Kim Mi Kyung yang merupakan pemain senior dan berperan sebagai orang tuanya Lee Kwang Soo sama Kim Dae Myung di drama ini.

Nah, selain kualitas pemain The Sound of Your Heart yang sudah sangat bergaransi untuk layak ditonton, berikut ini adalah beberapa alasan lain kenapa kalian wajib nonton drama The Sound of Your Heart di tengah pandemi kayak gini.

Keluarga yang Penuh Dengan Kekonyolan

Cerita di dalam The Sound of Your Heart ini memang penuh dengan kisah konyol sebuah keluarga. Jadi ceritanya si Lee Kwang Soo yang memerankan karakter Joo Suk ini itu adalah seorang pengangguran yang kerjanya cuma gambar komik terus di rumah. Setelah berkali-kali ditolak karena ceritanya gak layak untuk terbit menurut perusahaan komik tersebut, akhirnya Joo Suk mengubah kisah di dalam komiknya menjadi kisah kehidupan keluarganya yang absurd itu. Meskipun awalnya cuma coba-coba buat ajuin komiknya, eh editornya malah suka sama karyanya wkkwkw. Joo Suk ini juga punya kakak laki-laki namanya Cho Jun. Meskipun sudah lama kerja di perusahaan, tapi tingkahnya gak ada dewasa dewasanya sama sekali. Di drama ini, Cho Jun hobinya diutus sama perusahaan buat dinas di China tapi setiap dinas di luar negeri si Cho Jun ini sering bikin repot negaranya sendiri. Bayangkan, karena cuma rindu sama Korea, Cho Jun mesti video call-an terus sama orang-orang di rumahnya. Ketika ibunya mau belanja, Cho Jun gak ketinggalan tuh ikutan belanja bareng ibunya via VC di tablet ibunya. Bapaknya lagi nongkrong sama teman-temannya di tempat karokean, si Cho Jun juga ikutan karokean via VC. Yang paling parah sih pas Joo Suk gantiin temannya jadi dosen di sebuah kampus, saat Joo Suk lagi keluar kelas, si Cho Jun malah sibuk VC di depan mahasiwa. Karena dikira dikerjain sama Joo Suk,  si Cho Jun ini malah main buka baju sama celana pas VC. Sialnya lagi, laptopnya Joo Suk itu terhubung sama LCD di kelas maka jadilah adegan tak senonoh itu jadi tontonan sekelas mahasiswa. Yang paling apes yah si Joo Suk soalnya mahasiswa sudah berpikiran aneh sama dosen tamu yang masuk ke kelas mereka hari itu kwkwkw.

Di episode The Sound of Your Heart lainnya Cho Jun bikin ulah lagi pas dinas di China gara-gara sok pintar bahasa Inggris. Ketika hotel yang ia tempati nginap sedang mengadakan simulasi kebakaran eh dia malah ngira ada kebakaran beneran. Jadilah satu hotel dibikin repot dan penuh drama sama si Cho Jun. Gara-gara kasus ini, Cho Jun jadi headline di berita-berita China dan Korea. Cho Jun makin dikira gak waras sama pihak kepolisian China karena telepon dari pihak kepolisian dianggap telepon spamming sama ibunya. Ketika kepolisian menghubungi bapaknya, si bapaknya Cho Jun malah main ekting jadi mafia yang ditelpon musuh. Kisahnya Cho Jun kalau dinas ke China memang paling rusak parah sih wkkwkw.

Kemudian ada pula ibunya Joo Suk dan Cho Jun yang ciri khasnya sama lah dengan ibu-ibu kompleks pada umumnya. Kerjaannya kalau bukan urus dapur ya urus suami sama anak. Ibunya Joo Suk sama Cho Jun kalau gak di rumah yang nongkrong sama teman-temannya yang didominasi sama ibu-ibu sosialita. Terus ada juga bapaknya Joo Suk sama Cho Jun yang punya bisnis kedai ayam goreng tapi lebih sering kerja serabutan dari jadi kuli, satpam, tukang pasang mata boneka sampai jadi pemain figuran. Iya, kedai ayamnya cuma jadi tempat nongkrong doang sama teman-teman karokenya karena gak ada pelanggannya kwkwkkw.

Penuh Cameo dan Parody

Cerita dari The Sound of Your Heart ini memang isinya asli konyol dan absurd semua. Cameo di setiap episodenya juga bukan kaleng-kaleng ternyata. Dari episode satu sampai dua puluh kalian akan diseguhi oleh berbagai artis dan aktor yang keren-keren. Mulai dari Kim Sae Jong yang di episode dua yang kerjanya berantem sama keluarganya Kwang Soo pake lomba nyanyi. Terus ada Kim Jong Kook yang jadi anak kembar yang kerjaanya main cabut name tag keliling apartment bareng Kwang Soo. Dan di episode terakhir The Sound of Your Heart juga ada penampilan Song Joong Ki yang lagi sibuk belanja di super market terus ngasih kembaliannya buat Kwang Soo.

Selain itu, jalan cerita di The Sound of Your Heart juga makin absurd karena banyaknya parody-parody di tiap episodenya. Bahkan ada episode khusus dengan judul Reply 2016 di mana Joo Suk di tahun 2066 certain dirinya pas ketemuan sama si Ae Bong di pesta temannya saat tahun 2016. Lucunya, petunjuk satu-satunya yang Joo Suk tahu tentang si Ae Bong adalah model rambutnya yang bob. Sialnya, semua tamu undangan bahkan pengantin sampai tukang catering dan fotografer di pesta itu rambutnya bob semua. Wkkwkw asli ini episodenya ngakak abis!

Punya Pesan Moral

Selain bikin ngakak guling-guling, drama komedi ini juga penuh pesan moral juga ternyata. Jadi, di episode terakhir The Sound of Your Heart, Joo Suk sekeluarga berencana melakukan liburan tapi Joo Suk ceritanya gak bisa ikut soalnya dia punya deadline komik yang mesti diselesaikan. Tapi, sialnya si Cho Jun malah udah pesan tiket pesawat sama hotel pake kartu kreditnya Joo Suk. Si Joo Suk merasa rugi dong kalau ga ikut. Berbagai cara pun dilakukan biar Joo Suk dapat ijin cuti liburan. Mulai dari pura-pura sakit, bersikap arrogant sama fansnya di jalan, sampai spamming komentar negative di komiknya sudah dilakukan. Tapi tetap saja, komiknya masih disukai banyak orang. Joo Suk juga akhirnya gagal meyakinkan editornya. Hingga pada akhirnya, Joo Suk meliburkan dirinya sendiri tanpa perlu ijin dari editornya lagi. Dia main kabur aja gitu dari tanggung jawab demi liburan.

Kemudian, sebelum berangkat Joo Suk ketemu sama teman lamanya yang juga suka menggambar komik di sebuah minimarket bandara. Mereka ngobrol basa-basi sampai Joo Suk pun mengeluarkan uneg-unegnya kalau dia jenuh dan capek dikejar deadline terus. Setelah pamit, diam-diam Joo Suk mendegar ocehan temannya, kira-kira bunyinya kayak gini “Tidak bersyukur, dasar arrogant, dia bahkan tidak menghargai para pembacanya.” Mendengar ucapan temannya itu, si Joo Suk langsung flash back beberapa tahun silam saat ketemu Soon Jong Ki yang saat itu sudah menjadi seorang komikus sukses. Ucapan yang didengarnya barusan sama persis dengan kata-katanya pas ngatain Soon Jong Ki yang juga ngeluh sama dunia komik. It’s so deep bro!

Sejujurnya, pesan yang ada di episode terakhir The Sound of Your Heart ini asli nampar banget sih buat saya pribadi. Saya kadang ngeluh dan malas banget ngerjain deadline tulisan, baik job tulisan artikel di luar blog maupun job tulisan di blog ini sendiri.  Sampai saya lupa kalau saya juga punya client yang terus percaya dengan tulisan-tulisan yang saya buat dan saya juga punya pembaca yang tetap setia di blog ini. Ya, meskipun gak banyak-banyak amat kayak blog tetangga tapi sudah sepatutnya saya memang tetap harus menghargai pembaca-pembaca saya. Saya dapat job menulis di blog ini ataupun di luar blog ini juga karena berkat pembaca-pembaca saya.

Wah, setelah ngakak nonton sampai dua puluh episode ternyata ending The Sound of Your Heart ini malah bikin saya curhat kwkkwwk. Well, anyway cukup sekian dulu curhatan dan reviewnya. Sampai jumpa di postingan selanjutnya yah my lovely readers!   

 


2 comments:

  1. Aku baca reviewnya aja udh kebayang nih kekocakan dramanyaaa :D. Langsung aku masukin ke list drakor yg mau aku tonton mba. Kalo memang sekocak Waikiki 1, aku pasti suka berarti. Waikiki aja sampe skit perut :D.

    Kebetulan aku LG nyari drama yg lucu dulu abis nyeleseiin Drakor yg serem2 :D

    ReplyDelete
  2. Ayo mbak segera ditonton, dijamin ngakak

    ReplyDelete