Sunday, 27 December 2020

Sweet Home (Review)

 


Hello readers! Welcome back to my review board again! Kali ini saya akan membagikan ulasan tentang serial dari Netflix yang berjudul Sweet Home. Buat kalian-kalian yang selalu nanya tentang kelanjutan drama VOICE 4 serta nasib detective Do Kang Woo di ending VOICE 3 mending marathon serial ini dulu lah. Nuansa thrillernya juga gak jauh beda kok, karakternya Lee Jin Wook di serial ini juga misterius, sama kayak di drama VOICE. Pokoknya, lumayan mengobati rasa kangen kalian lah dengan serial VOICE yang belum jelas kelanjutannya itu.

Serial Sweet Home yang mulai tayang pada tanggal 18 Desember 2020 ini sendiri bercerita tentang manusia yang secara tiba-tiba berubah menjadi monster. Pas nonton episode 1 Sweet Home, saya kira monsternya itu cuma semacam zombie eh tau-taunya monsternya punya banyak varian cuy. Ada yang kayak Hulk, Titan abnormal di anime Attack on Titan, ada yang mirip Dooby di Harry Potter, terus ada juga yang kayak monster di anime Parasite. Setelah menghabiskan 10 episode serial Sweet Home ini, alur ceritanya dan karakter tokoh-tokohnya memang mau mirip-mirip sama cerita di anime-anime sih. Kayak gabungan Attack on Titan sama Parasite gitu, bisa dibilang versi live action lah.

Salah satu alasan kenapa saya langsung marathon nonton serial Sweet Home ini ya karena pemain-pemainnya memang keren-keren sih. Kalau mau ditanya siapa yang paling favorit tentu saya akan memilih Lee Jin Wook dong. Karakter dingin dan misteriusnya sejak di drama VOICE masih tetap ngangenin sampai sekarang. Sutradara Sweet Home gak salah sih pilih Lee Jin Wook yang memainkan peran sebagai Pyeong Sang Wook. Mau muka dan badannya penuh luka dan darah habis hajar-hajaran sama monster, karakter classy dan coolnya Lee Jin Wook tetap keren parah sih. Selain doi, aktingnya Song Kang yang memainkan karakter Cha Hyun Soo juga the best sih di serial ini. Kadang bikin ngeri pas berubah jadi monster tapi lebih sering bikin saya mewek juga kalau liat kisah kehidupan masa lalunya Cha Hyun Soo yang jadi korban bully di sekolah.

Meskipun punya nuansa thriller, horor dan misteri ala-ala Hollywood, serial Sweet Home ini tetap seperti drama Korea pada umumnya yang memiliki unsur menyayat hati dan bikin penonton jadi mewek. Dibalik ceritanya yang menegangkan dan menyeramkan, kisah hangat di tiap episode Sweet Home ini bakal bikin kalian nangis juga, serius! Episode 8 Sweet Home termasuk episode yang paling menguras emosi saya. Adegan pas Jung Jae Heon mengorbankan tubuhnya dibakar hidup-hidup demi menyelamatkan teman-temannya bikin saya nangis sesegukan. Belum lagi pas Pak Han juga mengorbankan tubuhnya untuk dibunuh oleh Cha Hyun Soo demi menghindarkan dirinya berubah jadi monster. Wah! asli sih nih serial selain bikin tegang juga bikin berlinang air mata.

Selain karena ceritanya yang memang beda dengan serial drama Korea pada umumnya, Sweet Home juga memiliki fakta menarik lainnya. Salah satunya ialah karena termasuk sebagai serial Netflix dengan bujet produksi yang sangat mahal. Menurut kabar yang sliweran di media, Sweet Home menginvestasikan sekitar 34, 2 milliar untuk setiap episodenya. Katanya sih bujetnya ini sampai-sampai mengalahkan serial mahal Netflix lainnya kayak Arthdal Chronicles, Kingdom dan juga Mr. Sunshine. Wajar juga sih mahal, selain pemerannya juga pemain berkelas, efek visualnya juga keren pake banget. Apalagi untuk proses pembuatan animasi dan CGI dalam menampilkan karakter monster yang senyata mungkin.

Pada akhirnya serial Sweet Home ini tamat dengan jumlah 10 episode. Memang sih ending Sweet Home masih menggantung dan bikin penasaran. Saya sendiri masih penasaran, sebenarnya monster-monster ini muncul karena eksperimen atau karena wabah penyakit? Atau memang benar dalam setiap diri manusia itu terdapat monster yang sedang terlelap dan hanya menunggu waktu untuk membangkitkannya? Oh iya, banyak juga yang nanya tentang adegan di akhir episode Sweet Home, apa iya Pyeong Sang Wook itu juga monster yang jahat? Menurut hasil pengamatan dan kesotoyan saya yang jadi Pyeong Sang Wook itu yah sih Jung Wooi Myung. Iya yang punya karakter tubuh monster mirip sama Cha Hyun Soo itu. Kayaknya si Jung Wooi Myung ini mengambil alih tubuhnya Pyeong Sang Wook untuk mengelabui Cha Hyun Soo.

Ya pokoknya, kita tunggu season 2 Sweet Home sajalah. Semoga Netflix gak bikin PHP lagi macam serial Arthdal Chronicles, Vagabond, sama Hospital Playlist yang masih belum jelas kelanjutannya. Dear Netflix, kurang-kurangin dong ngegantungin jadwal season 2. Cukup perasaan kita-kita ajalah yang digantungin dan gak diberi kepastian sama doi, lah malah curhat wkkwkwk. Anyway, kalau kalian bingung mau nonton drama Korea apaan lagi mending langsung marathon nonton Sweet Home saja lah. Action ada, horror ada, meweknya juga ada. Paket komplit lah pokoknya.


6 comments:

  1. Emang ya Mba serial ini tuh nano nano banget! Aku juga nangis aja kerjaan nonton serial ini, sampe mikir ini tentang monster kok bisa2nya sih bikin nangis πŸ˜…

    Btw aku paling suka karakter Hyun Su, dimamfaatin gimana pun tetep aja baik dan kasian ditinggal sama orang2 yang dia peduliin πŸ˜”

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerr, itu Hyun soo tipe anak baik2 tapi kayak dimanfaatin. Gak sabar pengen liat lanjutannya. Tapi season 2nya katanya nnti 2022 πŸ˜₯

      Delete
  2. Wah sepertinya bagus ni filmnya

    ReplyDelete
  3. Aku baru aja selesai nonton. Baca webtoonnya gak mba? Webtoonnya gak kalah bagus lho, tapi emang ceritanya agak dibikin beda nih, dua-duanya tetep seru sih karena brhasil bikin saya deg2an, gregetan, nangis, mau marah. Semua emosi keluar deh kayaknya πŸ˜…

    Anyway, saya juga gak yakin sama wujud nya Sang wook itu dan bisa jadi dugaan mba ada benernya, soalnya kan sang wook asli gak pernah nunjukkin senyuman licik spt itu. Nah dari sini udah keliatan banget perbedaan serial dan webtoonnya, jadi saya agak kaget melihat episode terakhir yg menurut saya kok seakan akan perjuangan mereka baru dimulai wkwkwk

    Panjang juga saya komennya, ehya salam kenal ya mba, saya udah pernah komen disini ternyata πŸ™πŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh belum sempat baca webtoonnya mbak, tapi kabar yg sliweran emang endingnya beda yah? Tapi dari serialnya udah bikin seru gimana baca webtoonnya yah πŸ˜…,

      Semoga season 2nya lebih seru lagi lah. Anyway makasih udah mampir kembali mbak. Salam kenal 😊

      Delete