Review Buku: Lumpu (Serial Bumi)

Novel Lumpu Tere Liye

 

Judul Buku: Lumpu

Penulis: Tere Liye

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit: 2021

ISBN: 9786020652283

Jumlah Halaman: 368


Hello Readers! Selamat datang kembali di review board saya. Well, kali ini saya akan melanjutkan ulasan kisah perjalanan panjang dunia parallel dari Raib, Seli dan Ali. Adapun buku ke-11 dari serial Bumi karya Tere Liye ini berjudul Lumpu. Bagi yang belum membaca buku sebelumnya dari serial Bumi ini silahkan langsung saja membacanya di Review Buku: Nebula (Serial Bumi).

Para fans garis kerasnya serial Bumi tentu sudah penasaran banget dong dengan lanjutan cerita dari novel sebelumnya. Nah, biar tidak tambah penasaran, yuk mari kita bahas petualangan seru selanjutnya dari Raib, Seli dan Ali di dalam novel Lumpu ini.

Blurb

Yes! Akhirnya, Raib, Seli, dan Ali kembali bertualang. Kalian sudah kangen dengan trio ini? Misi mereka adalah menyelematkan Miss Selena, guru matematika mereka. Tapi, apakah semua beralan mudah? Siapa yang bersedia membantu mereka? Kali ini, si genius Ali memutuskan meminta bantuan dari sosok yang tidak terduga, karena musuh dari musuh adalah teman.

Apakah Raib bisa melupakan masa lalu itu dengan memaafkan Miss Selena? Bagaimana dengan Tazk? Apakah Raib bisa bertemu lagi dengan ayahnya atau itu menjadi misteri? Bagaimana dengan jejak ekspedisi Klan Aldebaran 40.000 tahun yang lalu? Benda apa saja yang ditinggalkan oleh perjalanan besar tersebut?

Pertarungan panjang telah menunggu mereka. Dan lawan mereka adalah Lumpu, petarung yang memiliki teknik unik, yaitu melumpuhkan kekuatan lawan. Itu teknik yang amat menakutkan, karena Lumpu bisa menghabisi teknik bertarung.

Jangan-jangan… Siapa di antara Raib, Seli dan Ali yang akan kehilangan kekuatan dunia parallel?

Review

Baseman luas rumah Ali kembali lengang usai sambungan dengan Miss Selena terputus. Kisah panjang tentang Mata, Selena dan Tazk akhirnya menjadi jawaban tentang siapa orang tua kandung dari Raib sebenarnya. Di sisi lain, ada rasa sakit hati, marah dan kecewa dari Raib saat mengetahui orang tuanya bernasib tragis akibat pengkhianatan dari Miss Selena, guru matematika yang selama ini ia banggakan. Bagaimana tidak, Ibunya meninggal dengan keadaan yang menyedihkan. Ayahnya, yaitu Tazk yang merupakan ayah kandungnya juga tak kalah menyedihkannya. Tazk menghilang tak ada kabar bagai ditelan bumi hingga hari ini.

Meskipun begitu, Raib tetap sadar jika waktu tak akan bisa diulang kembali. Bagaimanapun juga Miss Selena adalah sahabat Ibunya sendiri serta guru yang telah membimbingnya selama ini. Miss Selena pula yang membuat Raib bisa bertemu dengan sahabat-sahabat terbaik yang belum pernah ia temui selama ini. Apapun yang terjadi di masa lalu, Raib tetap ingin menemukan Miss Selena secepatnya. Saat itu juga Raib, Seli dan Ali segera bergegas untuk menemukan tempat Miss Selena terkurung oleh Lumpu selama ini.

Akademi Bayangan Tingkat Tinggi atau ABTT adalah tujuan pertama yang mereka kunjungi. Sayangnya, kedatangan mereka tidak semulus yang mereka harapkan. ILY tiba-tiba mendaratkan mereka di tengah aula tempat inagurasi angkatan baru di ABTT. Sontak, kejadian ini membuat Master Ox de javu dengan peristiwa yang pernah ia alami beberapa tahun silam saat Selena, Mata, dan juga Tazk membuat kekacauan di tengah aula inagurasi angkatan baru ABTT. Meskipun telah berbuat ulah di ABTT, akan tetapi mereka bertiga berhasil mendapatkan informasi dari Master Ox tentang keberadaan Tamus. Ali percaya jika Tamus bisa menjadi sumber informasi yang akurat tentang keberadaan Miss Selena saat itu.

Usai mendapatkan lokasi keberadaan Tamus, Raib, Seli, dan Ali pun segera meluncur bersama ILY ke titik tersebut. Mereka menemukan lokasi Tamus yang berada di perut salah satu gunung di Distrik Gunung-Gunung Terlarang. Seperti yang telah mereka perkirakan, kedatangan mereka memang disambut oleh serangan dari Fala Tara Tana IV dan Tamus. Tak peduli seberapa ramah penjelasan Ali untuk menemui Tamus, Tamus tetaplah menganggap mereka sebagai musuh sekaligus biang kerok dari semua rencananya selama ini.

Di tengah pertarungan yang sengit itu, tak disangka sosok yang tak terduga lainnya tiba-tiba muncul. Lumpu datang penuh amarah untuk mengalahkan Tamus yang telah menjadi incarannya sejak peristiwa Cawang keabadian itu terjadi. Pada akhirnya, pertarungan menjadi milik Lumpu VS Tamus. Raib, Seli dan Ali tahu benar jika Tamus adalah musuh bebuyutan dari Lumpu. Namun, siapa yang menduga jika pada akhirnya Raib, Seli dan juga Ali malah membantu Tamus yang sudah terpojok dari Lumpu. Pada akhirnya, musuh dari musuh adalah teman. Mereka berempat bekerja sama menemukan cara untuk mengalahkan teknik melumpuhkan dari Lumpu.

Petualangan di dunia parallel terus berlanjut dan berkat informasi dari Tamus, Raib, Seli dan Ali pun menemukan kapal peninggalan dari Klan Aldebaran 40.000 tahun yang lalu. Tempat tersebut masih menyimpan banyak rahasia ilmu pengetahuan yang belum terpecahkan sebelumnya, termasuk salah satunya ialah cara mengalahkan teknik melumpuhkan dari Lumpu. Euphoria yang dirasakan oleh Raib, Seli dan Ali saat menemukan jejak peninggalan Klan Aldebaran tersebut membuat mereka lupa jika Tamus telah menculik ILY dari mereka. Namun, bukan Ali namanya jika tak genius. Ali berhasil menemukan lokasi ILY pada sebuah apartemen milik Eins, seorang genius yang diandalkan Tamus untuk memecahkan berbagai jenis bahasa dan data dari benda-benda yang terdapat di kapal peninggalan Klan Aldebaran. Salah satu isi tabung tersebut juga memiliki data tentang cara mengalahkan Lumpu.

Meskipun kembali gagal menemukan Tamus dan ILY gara-gara ulah Lumpu lagi, mereka akhirnya berhasil bertemu dengan sosok genius seperti Eins. Eins merupakan penyandang disabilitas tapi kemampuan otaknya dalam mengutak-atik beragam jenis teknologi tak usah diragukan lagi. Eins jugalah yang berhasil menerjemahkan kode dari tabung peninggalan Klan Aldebaran tentang cara menaklukkan teknik melumpuhkan tersebut.

Pertarungan melawan Lumpu memang bukanlah hal yang mudah. Tamus bahkan Ali harus rela kehilangan kekuatannya karena dilumpuhkan oleh teknik melumpuhkan dari Lumpu. Seperti pertarungan-pertarungan lainnya, Raib selalu menemukan kekuatan tak terduganya di setiap ia merasa terpojok oleh situasi yang dihadapinya.  Siapa yang menyangka jika teknik melumpuhkan itu jawabannya ada pada sarung tangan Bulan milik Raib.

My Impression     

Seperti yang telah diduga, petualangan baru dari Raib, Seli dan juga Ali di dalam novel Lumpu ini ternyata akan membawa para pembaca ke kisah-kisah yang lebih misterius lainnya tentang dunia parallel. Meskipun pada akhirnya Miss Selena tetap selamat tapi cerita di buku ini malah membuat tanda tanya baru di kepala saya tentang orang tua Ali. Membaca epilog di dalam Novel ini bikin saya makin penasaran dong dengan kisah selanjutnya di novel SagaraS. Apa iya orang tuanya Ali ini juga merupakan petualang di dunia parallel? Apa iya orang tuanya Ali juga masih hidup dan berada di tempat lain?

Namun, dibalik pertanyaan-pertanyaan itu, saya juga sebenarnya penasaran dengan keberadaan Tazk, ayah kandungnya Raib. Gara-gara Ali ngasih spoiler di dalam novel ini saya malah kepikiran juga tentang keberadaan ayahnya Raib sekarang.

Yeah, banyak pembaca menebak-nebak apa kabar Tazk sekarang, bukan? Apakah dia masih hidup. Apakah yang dia lakukan? Bagaimana dengan kekuatannya? Menurutku sederhana sekali. Dia mahasiswa ABTT terbaik di ABTT. Dia selalu ingin sempurna. Perfect. Aku tidak akan terkejut seandainya dia akhirnya muncul ternyata benar-benar berubah.”

Kita tidak akan pernah tahu kan yah, bagaimana kalau sebenarnya si Tazk ini masih hidup di sekitar lingkungan tempat tinggal Raib dan menyamar jadi siapa gitu. Jangan-jangan supir angkot yang sering mengantar Raib dan Seli ke sekolah itu ternyata Tazk! Well, meskipun pikiran saya agak absurd tapi entah kenapa saya kok masih percaya kalau Tazk itu tidak pernah benar-benar pergi meinggalkan Raib.

Anyway, urusan sosok dan keadaan Tazk saat ini seperti apa, biarlah Suhu Tere Liye yang mengurusnya. Semoga setelah novel Lumpu ini, para pembaca bisa mendapat spoiler lainnya tentang Tazk di buku Si Putih atau mungkin di novel SagaraS.  

5 comments

  1. Wah ternyata serial Bumi masih panjang ya. Saya sudah berhenti di seri Komet. Hehehe

    ReplyDelete
  2. Lumpu ini apakah jadi buku terakhir yg akan menceritakan petualangan raib,Seli, dan Ali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya belum kak, masih ada beberapa Klan yang belum dikunjungi mereka bertiga.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete