Bulgasal: Immortal Souls (Review)

 

Review Bulgasal

Hello Readers! Welcome back to my review board again! Sesuai judulnya, kali ini saya akan membagikan ulasan drama Bulgasal: (Immortal Souls)  yang merupakan sebuah drama dari Netflix X tvN X Studio Dragon yang baru saja tamat di awal bulan Februari ini.

Anyway, drama ini tuh emang gak se-hype drakor lainnya yang juga masih hangat endingnya sampai sekarang kayak Our Beloved Summer, All of Us Dead, atau Snowdrop. Mungkin beberapa orang kehalang genre sama plotnya kali yah, jadi agak jarang dibahas dan sliweran di timeline sosmed. Tapiiii, buat kalian yang suka genre thriller, mystery fantasy dan bau-bau kolosal, drama Bulgasal punya cerita yang unik dan seru loh.

Daftar pemainnya juga bukan kaleng-kaleng yereoubun! Buat para fans berat Lee Jin Wook jalur Voice 2 sama 3, plisss banget! Kalian mesti dan wajib nonton drama ini. Kapan lagi kalian liat Lee Jin Wook kemejaan terus full senyum pula. Meskipun karakter yang doi perankan adalah seorang Bulgasal alias monster abadi, tapi Lee Jin Wook di drama ini tuh agak lebih charming dan humble banget dibandingkan drama doi lainnya.

Selain ada Lee Jin Wook, kalian juga bisa liat ektingnya Mbak Kwong Nara yang beda banget dari drama dia sebelum-sebelumnya. Mbak Nara di sini cantik banget euy. Mau muka sama badannya full darah, tetep aja cantiknya tumvahhh kemana-mana. Ini bang Lee Jin Wook kagak kecantol ama Mbak Nara apa selama syuting Bulgasal.

Well, buat yang belum nonton dan masih maju mundur mau nonton drama ini, nih saya spoiler-in dikit. Jadi, drama Bulgasal ini sendiri bercerita tentang monster abadi di Korea yang udah hidup beribu-ribu tahun lamanya. Pokoknya Hwal yang diperankan sama Lee Jin Wook di drama ini tuh anti mati cuy. Nasibnya beda lah sama Do Timjang pas main di Voice. Fokus utama drama ini juga lebih ke pembalasan dendam dan family jadi, agak sulit memang buat nyari romantis tipis-tipisnya. Ada sih, tapi gimana yah jelasinnya, kurang nampol aja gitu romantisnya.

So, yang pengen bucin-bucinan, saya kurang menyarankan drama ini buat kalian tonton. Plot drama ini tuh sebenarnya juga agak bikin mumet sih di tiap episodenya. Mungkin itu juga yang bikin banyak orang stop di awal-awal episode doang. Sampai tamat aja, saya juga masih mikir, ini konsep awal asal-muasal munculnya mahluk Bulgasal tuh gimana? Tapi asli sih, episode 1 sampai 4 Bulgasal adalah episode yang paling bikin nagih sekaligus bikin jantung mau copot. Deg-degan banget tiap Hwal nyaris nangkap Ming Sang Woon. Saya sebagai penonton tuh juga gregetan. Pengen banget mereka ketemuan, tapi kalau saling ketemu mereka bakal bunuh-bunuhan. Mungkin ini yang disebut I hate you but I miss you kali yes heuheuheu.

Gini amat takdir manusia di masa lalu yang kemudian jadi Bulgasal seumur hidup. Ketika mau balas dendam sama orang yang ngubah dia jadi Bulgasal eh pas ketemu, ternyata orangnya punya saudara perempuan yang ternyata merupakan reinkarnasi dari istri Hwal di masa lalu. Bertahun-tahun Ming Sang Woon kabur dan sembuyi dari Bulgasal ujung-ujungnya malah jadi naksir sama mahluk abadi pas udah deket. Emang sih, beberapa episode dari Bulgasal ini jadi flat. Kebanyakan berkutat sama berburu monster yang juga bereinkarnasi ke masa depan sama main tarik ulur perjanjian sama Ok Eul Tae, si Bulgasal nomor 2.

Bdw, Lee Joon ektingnya keren juga ya kalau jadi villain. Karakternya Lee Joon jadi Bulgasal di drama ini tuh cocok banget jadi manusia tanpa jiwa. Apalagi pas adegan main bunuh-bunuhan dan gigit-gigitan leher, karakter psikopatnya baddas asli! Belum lagi kalau black hole di dadanya kambuh, ekting jadi orang yang kesakitannya tuh ngena banget.  

Meskipun ekspektasi saya agak ketinggian soal alur cerita drama ini, tapi konsep ceritanya Bulgasal tuh unik loh. Mungkin, karena saya juga udah lama kali ya gak nonton drakor tema reinkarnasi jadi langsung kecantol sama drama ini.  Seru aja gitu main tebak-tebakkan di tiap episodenya. Di sisi lain, saya juga penasaran banget sama ending Bulgasal ini. Pengen tahu aja gitu, sebenarnya kehidupan Hwal dan Ming Sang Woon 1000 tahun lalu itu kayak apaan? Kok ribet dan berliku-liku amat ya tiap kali bereinkarnasi. Ini mereka apa gak capek bereinkarnasi melulu tiap zaman, haddeh!

Cinematographynya Bulgasal juga epic sih, tiap liat scene dengan latar pemandangan rasanya healing banget. Saya sampai lupa kalau dramanya genre bunuh-bunuhan kwkwkw. Endingnya Bulgasal sebenarnya gak sad ending, tapi tetep aja saya gak terima kalau Hwal sama Ming Sang Woon mati lagi.  Meskipun bakal reinkarnasi lagi, tapi tetap aja endingnya kurang greget cuy.

Pesan saya buat bang Lee Jin Wook, plisss nanti kalau ada tawaran proyek drama jangan ngambil genre jadi tumbal lagi. Gak di Voice, di Sweet Home, terus di Bulgasal, semuanya ambyarrr! Emang sih bang, kamu berkarisma sekali kalau dilumurin darah, tapi tetap aja saya capek liat kamu dibunuh terus mati.

2 comments

  1. Hahahaha duuuh aku sempet mau nonton ini, tapi memang penasaran Ama endingnya itu loh mba 😄. Jujur sbnrnya ga terlalu suka dengan genre fantasy, tapi kalo banyak yg bilang seru, biasanya aku tetep nonton. Udah lama juga ga nonton yg genre begini :D. Jadi penasaran mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ending bisa dibilang gak terlalu plot twist tapi tetep plot twist wkkwkw, intinya nonton aja deh mbak kwkwkw

      Delete